1
1

Kinerja Allianz Utama Indonesia Tumbuh Positif di 2022

Pemasar asuransi Allianz Utama sedang menjelaskan produk asuransi yang dibutuhkan nasabah. | Foto: doc

Media Asuransi, JAKARTA  –  PT Asuransi Allianz Utama Indonesia (Allianz Utama) berhasil mencatatkan hasil yang positif pada 2022. Salah satunya dari Gross Written Premium (GWP) tercatat sebesar Rp665,30 miliar atau melampaui angka rencana bisnis, sebesar 36%.

Lini asuransi liability (tanggung gugat pihak ketiga) merupakan lini bisnis dengan kontribusi GWP tertinggi yaitu sebesar Rp217,47 miliar dan diikuti oleh lini asuransi properti sebesar Rp204,69 miliar. Adapun lini asuransi perjalanan mencatat pertumbuhan tertinggi sebesar 293% dibandingkan tahun sebelumnya, hal ini disebabkan oleh dilonggarkannya PPKM serta digalakkannya vaksinasi booster Covid-19 oleh pemerintah.

Peningkatan hasil ini merupakan refleksi keberhasilan Allianz Utama dalam menjaga momentum melalui strategi rebalancing di tahun sebelumnya. Perusahaan juga mampu membuktikan bahwa perubahan strategi tersebut mampu mewujudkan pertumbuhan positif. Allianz Utama juga berhasil mencatatkan profit sebesar Rp4,54 miliar pada tahun 2022.

|Baca juga: Resiliensi dan Inovasi Jadi Strategi Allianz Utama Indonesia Memasuki 2023

“Tentu saja, hasil yang kami capai sepanjang tahun 2022 ini merupakan upaya bersama dan kerja keras dari seluruh karyawan. Sehingga kami mampu terus fokus untuk memberikan yang terbaik bagi nasabah dan mitra bisnis. Dari sisi inovasi bisnis, kami terus menggali potensi untuk mengembangkan segmen pasar dan mempersiapkan produk-produk unggulan yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat saat ini,” kata Presiden Direktur Allianz Utama Indonesia, Sunadi, dalam keterangan persnya, Senin, 29 Mei 2023.

Allianz Utama senantiasa membuktikan komitmennya untuk memberikan perlindungan kepada nasabah dengan membayarkan klaim sebesar Rp234,15 miliar sepanjang 2022. Allianz Utama juga kuat secara finansial dengan rasio kecukupan modal atau risk based capital (RBC) 437%, yang jauh di atas ketentuan minimum yang ditentukan regulator sebesar 120%.  

“Allianz Utama Indonesia terus berkomitmen menyediakan asuransi berkualitas dengan membangun dan mempertahankan kepercayaan nasabah, karena kepercayaan merupakan DNA inti Allianz. Melalui penerapan good corporate governance (GCG) yang baik, pengembangan dan inovasi produk, serta menyediakan layanan digital sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia, Allianz Utama senantiasa menjalankan bisnis sejalan dengan tujuan global Allianz ‘We secure your future’ serta memberikan perlindungan asuransi kepada lebih banyak masyarakat,” tuturnya.

|Baca juga: Allianz Utama Perbarui Asuransi Perjalanan Internasional TravelPro

Sunadi melanjutkan, bahwa perusahaan juga memanfaatkan teknologi untuk memberikan layanan terbaik bagi nasabah, seperti one-click renewal pada motor policy untuk mempermudah proses perpanjangan polis nasabah, implementasi robotik pada proses back-office untuk meningkatkan produktivitas, sampai pada otomatisasi pada proses perpanjangan polis. Semua ini membuat Allianz Utama berhasil mencatat peningkatan jumlah nasabah sebesar 11,7% dan juga jumlah policy issuance sebesar 8% pada 2022.

Allianz Utama juga meneruskan komitmennya untuk menjalankan bisnis secara berkelanjutan dan bertanggung jawab dengan menerapkan kebijakan paperless sesuai peraturan yang berlaku. “Kami juga melakukan beberapa inisiatif untuk menanamkan pola pikir ramah lingkungan baik di kalangan karyawan, nasabah, dan masyarakat. Sepanjang 2022, Allianz Utama mencatat total efisiensi intensitas energi sebesar 35% serta mengurangi penggunaan kertas sebesar 78%. Kami juga secara konsisten mendukung OJK untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat dengan berhasil memberikan edukasi literasi keuangan kepada lebih dari 430 ribu orang,” jelasnya.

“Kami percaya bahwa untuk menjalankan bisnis secara berkelanjutan maka semua pihak harus terus berperan aktif. Bersama segenap karyawan dan mitra bisnis, kami akan terus mendukung pembangunan berkelanjutan untuk membantu masyarakat memiliki proteksi aset yang dibutuhkan. Kami akan terus meningkatkan kualitas layanan agar nasabah mendapatkan pengalaman berasuransi yang mudah dan menyenangkan bersama Allianz,” tutur Sunadi. Wiek

editor: S. Edi Santosa

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Kinerja Sektor Asuransi dan Keuangan Singapura Turun 0,9% di Kuartal I/2023
Next Post Long Weekend Bersama FIFGROUP Di Plaza Parkir Timur Senayan

Member Login

or