1
1

4 Tipe Perusahaan yang Bikin Gen Z Betah, Wajib Baca!

Ilustrasi. | Foto: Freepik

Media Asuransi, JAKARTA – Generasi Z, yang lahir antara 1995 hingga 2010, dikenal sebagai generasi yang tumbuh bersama kemajuan teknologi. Mereka sering disebut sebagai iGeneration atau generasi internet karena terbiasa menggunakan gadget sejak kecil dan selalu terhubung dengan dunia maya.

Kemampuan mereka dalam menguasai teknologi membuat mereka unggul dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) serta cenderung lebih selektif dalam memilih pekerjaan. Researcher dan Dosen Manajemen Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Elissa D Lestari, mengungkapkan generasi Z sangat menjunjung tinggi nilai kejujuran dalam perusahaan.

|Baca juga: Terobosan Atasi Tunggakan Iuran, BPJS Kesehatan Sempurnakan Program Cicilan dan Endowment Fund

|Baca juga: Coreng Wajah Industri Asuransi, Dirjen Kemenkeu Jadi Tersangka Kasus Korupsi Jiwasraya  

Survei menunjukkan mereka akan setia pada perusahaan yang transparan mengenai jenjang karier, peluang mentoring, serta langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mencapai posisi tertentu. Generasi ini juga memiliki dorongan kuat untuk sukses, yang dipengaruhi oleh pengalaman orang tua mereka pada krisis ekonomi 1998.

Berdasarkan survei MarkPlus, generasi Z memiliki minat tinggi untuk bekerja di lembaga pemerintah, kementerian, perbankan, infrastruktur, serta perusahaan berbasis teknologi tinggi. Survei tersebut mempertimbangkan beberapa indikator, seperti tingkat kesadaran terhadap perusahaan, jumlah pendaftar, tingkat rekomendasi, serta citra perusahaan.

Mengutip Tugu Insurance, Sabtu, 15 Februari 2025, kriteria perusahaan ideal bagi generasi Z yakni:

1. Kesempatan pengembangan diri

Generasi Z mencari perusahaan yang tidak hanya menawarkan gaji dan fasilitas menarik, tetapi juga peluang pengembangan diri.

2. Work-life balance yang baik

Mereka mengutamakan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi, termasuk jam kerja fleksibel dan fasilitas tambahan seperti olahraga di kantor.

|Baca juga: Hutama Karya Teken Perjanjian Perdamaian dan Pembatalan Kerja Sama Proyek Technopark

|Baca juga: Bank Mandiri (BMRI) Raup DPK Rp1.699 Triliun di 2024, CASA Jadi Penopang!

3. Pemanfaatan teknologi

Sebagai generasi yang tumbuh dengan digitalisasi, mereka lebih tertarik pada perusahaan yang memanfaatkan teknologi untuk efisiensi kerja.

4. Perusahaan yang menyediakan asuransi

Meskipun masih muda, generasi Z menyadari pentingnya asuransi sebagai perlindungan finansial di masa depan. Mereka cenderung memilih perusahaan yang menawarkan asuransi sebagai bagian dari fasilitas karyawan.

Editor: Angga Bratadharma

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Menilik Implementasi IFRS 17 di Negara Lain
Next Post Tantangan dan Peluang Implementasi IFRS 17 di Industri Reasuransi

Member Login

or