1
1

Easycash Kenalkan MOJANG, Ajak Generasi Muda untuk Lebih Bijak Atur Keuangan di Era Digital

Ilustrasi aplikasi easycah | Foto: easycash

Media Asuransi, JAKARTA PT Indonesia Fintopia Technology (Easycash) memperkenalkan Modul Bijak Keuangan (MOJANG) sebagai inisiatif literasi keuangan. Peluncuran modul ini merupakan upaya Easycash dalam memperluas dampak edukasi keuangan yang relevan bagi generasi muda dan masyarakat luas.

Easycash juga menegaskan komitmen meningkatkan literasi keuangan melalui partisipasi dalam Mandiri BFN Fest 2025, puncak dari rangkaian Bulan Fintech Nasional (BFN) yang diinisiasi oleh Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH).

Sebagai program tahunan AFTECH, BFN bertujuan untuk meningkatkan pemahaman publik mengenai layanan keuangan digital, termasuk pinjaman daring (pindar) berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) seperti Easycash. Program ini mencakup berbagai kegiatan edukasi publik, seminar, program komunitas dan kampus, business matching, serta beragam aktivasi edukatif lainnya.

|Baca juga: Easycash Kolaborasi dengan Ikatan Alumni SBM ITB Gelar Edukasi Literasi Keuangan

Head of Corporate Affairs Easycash, Wildan Kesuma, mengungkapkan bahwa MOJANG juga merupakan bentuk respons Easycash atas masih lebarnya kesenjangan antara tingkat literasi dan inklusi keuangan di Indonesia.

Berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan OJK 2025, tingkat literasi keuangan Indonesia tercatat sebesar 65,43 persen, sementara inklusi keuangan telah mencapai 80,51 persen. Kondisi ini menunjukkan pemanfaatan layanan keuangan tumbuh lebih cepat dibandingkan dengan pemahaman masyarakat terhadap produk, risiko dan pengelolaan keuangannya.

“Artinya, masyarakat semakin cepat mengakses layanan keuangan digital, namun pemahamannya belum sepenuhnya sejalan. Untuk itu, Easycash menghadirkan MOJANG yang dapat digunakan sebagai panduan praktis para generasi muda agar dapat mengelola keuangan secara lebih bijak, memahami risiko, serta mengambil keputusan finansial yang bertanggung jawab,” ungkap Wildan dalam keterangan tertulis yang dikutip Kamis, 11 Desember 2025.

|Baca juga: Kerja sama strategis Easycash dan Bank Saqu Hadirkan Akses Pembiayaan Inklusif ke Pelaku Usaha

Dia menjelaskan bahwa modul untuk edukasi keuangan ini merupakan hasil kolaborasi bersama AFTECH dan International Association of Registered Financial Consultants (IARFC) Indonesia. MOJANG memuat berbagai materi dasar pengelolaan keuangan, mulai dari pengaturan pendapatan, pengelolaan utang yang sehat, pemahaman reputasi kredit, hingga kemampuan membedakan pindar berizin dengan pinjol ilegal.

Modul ini dirancang dalam dua format, yakni modul lengkap untuk kelas literasi dan workshop, serta versi zine yang lebih ringkas, visual dan dekat dengan budaya populer untuk menjangkau Generasi Z, yang saat ini mencakup sekitar 28 persen populasi Indonesia.

“Kami percaya materi edukasi yang yang lebih ringkas, banyak visualisasi, dan erat dengan pop culture akan lebih efektif diterima oleh Gen Z. Harapan kami, modul bijak keuangan (MOJANG) format zine ini akan lebih diterima dan mendukung penyebaran materi edukasi yang lebih luas,” jelas Wildan.

 

Editor: S. Edi Santosa

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post OJK Izinkan Perubahan Nama PT Esa Bina Sejati Menjadi PT Esa Bina Sejati Reinsurance Brokers
Next Post Taspen Ingatkan Pentingnya Autentikasi Awal Bulan via Aplikasi Andal by Taspen

Member Login

or