Media Asuransi, JAKARTA – Dalam dunia kerja, meeting dengan klien merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan. Sukses atau tidaknya sebuah meeting ditentukan oleh kesiapan diri, di mana kamu dapat menarik perhatian klien atau calon klien agar kerja sama dalam pekerjaan tertentu sukses dijalankan.
Mengutip Tugu Insurance, Sabtu, 19 April 2025, lantas bekal apa saja yang harus kamu miliki sebelum meeting dengan klien? Simak tipsnya:
Persiapan yang matang
Jika kita sudah menguasai materi yang akan dipresentasikan, berpenampilan sopan dan menarik pastinya akan membuat kita lebih percaya diri dan mudah menyampaikan apa yang menjadi tujuan dari meeting tersebut. Jangan lupa lakukanlah tips memahami sifat klien agar mereka dapat dengan nyaman saat meeting bersamamu.
|Baca juga: Kota Tua, Destinasi Wisata Utama Jakarta
|Baca juga: 5 Langkah Merencanakan Pendidikan Anak Sejak Dini
Berikan kesan yang baik
Hindarilah datang terlambat jika mau melakukan meeting dengan klien. Jangan sampai hal ini terjadi, karena akan memberikan kesan tidak profesional. Datang tepat waktu merupakan kesan pertama yang dinilai dari siapa pun orang yang akan kamu temui. Usahakan untuk selalu memberikan kesan yang baik pada klien.
Lakukan ice breaking
Ice breaking adalah sesuatu yang harus dilakukan untuk mencairkan suasana dan bisa juga jadi ajang saling mengenalkan diri. Nah, hal ini juga berguna untuk membangun kesan atau hubungan yang lebih baik dengan klien.
Jadilah pendengar yang baik
Saat kita sedang melakukan presentasi, terapkanlah teknik active listening. Dengarkan secara seksama apa yang klien inginkan. Catat hal yang mungkin berguna untuk memahami insight mereka.
|Baca juga: Kamu Harus Paham, Berikut Plus Minus Workaholic!
|Baca juga: Mengenal Apa Itu Etos Kerja yang Jadi Kunci Sukses untuk Mengembangkan Diri
Mengerti meeting juga termasuk negosiasi
Meeting itu bisa jadi sebuah cara bernegosiasi. Di sisi ini, kita bisa coba bernegosiasi dengan memberikan pandangan atau saran terbaik menurut kita dan tim untuk klien kita.
Melakukan follow up
Setelah meeting dengan klien, jangan lupa untuk follow up apa yang telah didiskusikan. Nah, agar lebih mudah, ada baiknya kita menyiapkan Minute of Meeting (MOM) saat meeting berjalan agar semua detail tercatat dan terstruktur. Setelah itu, bagikan MOM tersebut kepada klien sebagai catatan bersama.
Editor: Angga Bratadharma
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

