1
1

Aplikasi GenAI Bisa Atasi Biaya Tinggi di Bidang Kesehatan dan Farmasi

Display produk obat-obatan di gerai farmasi. | Foto: freepick

Media Asuransi, GLOBAL – GlobalData mencatat kecerdasan buatan generatif (genAI) dengan cepat mendapatkan perhatian dalam bidang kesehatan dan farmasi, sehingga menandai kemajuan besar.

Dengan tidak hanya mengatasi biaya tinggi tetapi juga meningkatkan pengalaman pasien dengan meningkatkan efisiensi dan hasil, teknologi ini siap merevolusi banyak aspek industri.

Saurabh Daga, Associate Project Manager Disruptive Tech GlobalData, mengatakan GenAI merevolusi layanan kesehatan, secara mendasar mengubah pendekatan industri terhadap efisiensi dan produktivitas. Teknologi ini mengoptimalkan penemuan obat, meningkatkan model prediktif untuk kemanjuran obat, dan menyesuaikan rencana pengobatan untuk masing-masing pasien.

“Ketika teknologi ini menjadi sangat diperlukan, praktik AI yang bertanggung jawab sangat penting untuk menjaga kepercayaan dan memitigasi risiko,” katanya dalam riset dikutip, Minggu, 28 April 2024.

|Baca juga: Inflasi Biaya Medis dan Loss Ratio Jadi Tantangan Produk Asuransi Kesehatan

Laporan Radar Inovasi terbaru GlobalData, berjudul “New prescription: Generative AI Meets Healthcare (Vol. 2),” meneliti lebih dari 50 penerapan genAI di dunia nyata di lebih dari 20 bidang layanan kesehatan, mulai dari pengembangan obat dan optimalisasi uji coba hingga pemasaran farmasi dan obat yang dipersonalisasi.

Misalnya, KB-AI Biomedis QIAGEN meningkatkan proses penemuan obat dengan menghasilkan hubungan sebab akibat antara gen, penyakit, dan obat dari kumpulan data biomedis yang luas, sehingga mempercepat identifikasi target.

Kolaborasi Deepcell dengan NVIDIA memanfaatkan AI untuk analisis gambar sel tingkat lanjut, sehingga meningkatkan ketepatan diagnostik dan penelitian morfolomik.

Peralatan Hyro yang didukung AI di Salesforce Health Cloud menyederhanakan interaksi pasien dan mendukung operasional di fasilitas layanan kesehatan dengan menyediakan solusi komunikasi dan manajemen data yang lebih efisien.

|Baca juga: Tingkat Kapitalisasi Perusahaan Asuransi Kesehatan AS Diramal Terus Tumbuh

Platform perawatan virtual Carium yang ditingkatkan genAI menggunakan AI untuk mengelola dan mengoptimalkan perawatan bagi pasien dengan kondisi kronis, memungkinkan intervensi dini dan rencana perawatan yang disesuaikan melalui analisis data waktu nyata.

Daga menyimpulkan dii sektor-sektor yang diatur dengan ketat seperti farmasi dan layanan kesehatan, lanskap genAI menjanjikan tetapi juga menghadirkan tantangan besar. Penting untuk mengatasi permasalahan seputar bias, diskriminasi, dan privasi dengan kerangka tata kelola yang kuat.

“Berkolaborasi dengan organisasi berpengalaman yang memadukan keahlian teknologi dengan wawasan industri adalah kunci untuk memaksimalkan manfaat dari terobosan ini.”

Editor: Achmad Aris

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Profitabilitas Perusahaan Asuransi AS Diperkirakan Tak Terdampak Runtuhnya Jembatan Baltimore
Next Post Srikandi APPARINDO: Kesempatan yang Sama Dalam Dunia Kerja

Member Login

or