PT Asuransi Jiwa Bumiputera (PT AJ Bumiputera) dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Bank BRI) menjalin kerja sama layanan keuangan. Penandatanganan naskah kerja sama dilakukan oleh Direktur Utama AJ Bumiputera Wiroyo Karsono dan Direktur Kelembagaan Bank BRI Kuswiyoto di Jakarta, 18 Mei 2017. Pada tahap awal kerja sama ini Bank BRI menyediakan layanan cash management berupa fasilitas BRI Virtual Account (Briva). Dengan Briva, kantor wilayah maupun kantor cabang AJ Bumiputera yang tersebar di 25 wilayah dan 365 cabang di seluruh Indonesia, secara realtime dapat mengakses data pembayaran premi yang masuk di rekening masing-masing wilayah dan cabang.
Wiroyo mengatakan bahwa penggunaan Briva memberikan kemudahan akses pembayaran premi bagi nasabah PT AJ Bumiputera, mengingat Bank BRI maupun PT AJ Bumiputera memiliki jaringan yang tersebar luas di berbagai pelosok Indonesia. “Sekitar 60 persen nasabah kami membayar premi secara bulanan dan triwulanan. Jadi frekuensinya sangat tinggi, sehingga cocok di-support Briva,” katanya.
Ditambahkan, perseroan terus berupaya memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi nasabah dalam proses pembayaran premi atas polis-polis asuransinya. Kerja sama ini memungkinkan kemudahan pelayanan tersebut karena jaringan Bank BRI tersebar di seluruh Indonesia. “Dengan kemudahan dalam hal pembayaran premi asuransi, kepentingan nasabah lebih terlindungi, karena polis yang dimiliki akan terus hidup hingga polis jatuh tempo atau ketika terjadi suatu risiko,” tutur Wiroyo.
Diluncurkan Februari 2017, PT Asuransi Jiwa Bumiputera (AJB) yang resmi beroperasi pada Maret 2017 berhasil membukukan premi sebesar Rp50 miliar per bulan. “Kita baru resmi beroperasi Maret. Premi lumayan pertumbuhannya sekitar Rp50 miliar per bulan. Itu dari sekitar 12 ribu pemegang polis,” tandas Wiroyo Karsono. Dia tegaskan bahwa tahun ini adalah masa konsolidasi dengan memperkuat fundamental layanan. “Kita punya produk yang mirip (dengan AJBB 1912), tetapi kita modifikasi. Ada 11 produk yang kita jual. AJBB punya 6,5 juta polis, kita bisa lakukan reselling untuk produk baru,” katanya.
Kuswiyoto dalam kesempatan yang sama mengatakan bahwa penggunaan layanan Briva oleh PT AJ Bumiputera bukan hanya menambah fee based income bagi Bank BRI. Kerja sama ini juga menambah peluang Bank BRI mengoptimalkan potensi pasar melalui jaringan nasabah PT AJ Bumiputera yang juga tersebar di berbagai penjuru Indonesia. “Ini sejalan dengan motto kami, yaitu melayani dengan setulus hati. Oleh karena itu, tentu saja Bank BRI akan memberikan layanan prima kepada para nasabah PT AJ Bumiputera,” tuturnya.
Lebih lanjut Kuswiyoto menjelaskan bahwa sinergi kedua pihak akan memberikan manfaat yang optimal bagi nasabah. Selain itu juga bagi para agen, baik agan BRILink maupun agen AJB. Saat ini kita memiliki 95 ribu agen BRILink dan nanti akan menjadi 150 ribu agen BRILink. Jumlah desa di Indonesia sekitar 75 ribu, sehingga nantinya secara rata-rata ada dua agen BRILink di tiap-tiap desa. Nantinya AJB dapat memanfaatkan agen BRILink ini untuk menjual produk AJB, sehingga mereka mendapatkan tambahan pendapatan,” katanya.
Kerja sama layanan cash management ini merupakan langkah perdana bagi PT AJ Bumiputera dan Bank BRI dalam menjajaki sinergi yang menguntungkan kedua pihak di masa mendatang. Menurut rencana, ke depan PT AJ Bumiputera akan menjajaki berbagai layanan keuangan yang dimiliki Bank BRI, misalnya autodebet rekening untuk pembayaran premi, mengoptimalkan agen BRILink, dan berbagai bentuk kerja sama lainnya. Selain itu, kerja sama ini menciptakan peluang bagi PT AJ Bumiputera untuk melayani kebutuhan asuransi para nasabah Bank BRI.
Wiroyo Karsono menyampaikan harapannya agar kerja sama cash management ini menjadi langkah awal untuk sinergi yang bermanfaat bagi kedua pihak. “Dengan karakteristik maupun sebaran yang kurang lebih sama, kami melihat potensi yang besar untuk memaksimalkan layanan bagi nasabah dan mengembangkan kerja sama-kerja sama yang lain di kemudian hari,” katanya. Edi
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Related Posts
Asuransi