Summarecon (SMRA) Right Issue 3,60 Miliar Saham

Media Asuransi – Emiten properti, PT Summarecon Agung Tbk (SMRA), berencana akan melakukan penambahan modal melalui Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau right issue sebanyak-banyaknya 3,60 miliar saham dengan nilai nominal Rp100 per saham. Rencananya, perseroan akan menggunakan dana hasil right issue tersebut untuk memperkuat struktur permodalan dan sebagian lagi akan digunakan untuk ekspansi perusahaan termasuk anak usaha baik secara langsung maupun tidak langsung.

Manajemen SMRA mengatakan perseroan berencana untuk melakukan penawaran umum terbatas kedua (PUT II) dalam waktu dekat. Untuk menggulirkan rencana tersebut, perseoran akan melakukan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang direncanakan akan digelar pada 1 April 2021.

“RUPSLB akan dilakukan pada 1 April 2021 di Plaza Summarecon, Jakarta. RUPSLB beragendakan persetujuan atas penambahan modal dengan memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMHMETD) kepada para pemegang saham,” kata manajemen dikutip Media Asuransi dalam Keterbukaan Informasi kepada Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Rabu, 10 Maret 2021.

Baca Juga:

Manajemen menyebutkan bahwa dengan demikian mengubah Pasal 4 ayat 2 dan 3 Anggaran Dasar Perseroan, termasuk persetujuan pelimpahan kewenangan dengan memberikan kuasa kepada Direksi Perseroan untuk melaksanakan segala tindakan yang dianggap perlu untuk melaksanakan PUT II tersebut.

“Pelaksanaan RUPSLB tetapi tidak terbatas pada menetapkan kepastian jumlah saham yang diterbitkan dengan persetujuan Dewan Komisaris Perseroan, maupun syarat dan ketentuan PUT II lainnya,” katanya.

Menurut manajemen, pada RUPSLB juga akan meminta pemberian kuasa kepada Dewan Komisaris Perseroan untuk menyatakan dalam akta notaris tersendiri mengenai perubahan Anggaran Dasar Perseroan. “Segala akibat yang terjadi pada peningkatan modal ditempatkan dan disetor perseroan dalam rangka penambahan modal perseroan dengan memberikan HMETD kepada para pemegang saham perseroan,” jelasnya. One