Media Asuransi, JAKARTA – PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) atau BSI memperluas layanan remitansi atau pengiriman uang di 12 negara mitra yakni Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Jepang, Korea Selatan, Hong Kong, Thailand, Australia, Selandia Baru, Uni Emirat Arab, Inggris, dan Amerika Serikat.
Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna mengatakan langkah ini sebagai upaya BSI untuk meningkatkan akses layanan keuangan bagi masyarakat Indonesia di luar negeri. BSI terus memperkuat pelayanan bagi Warga Negara Indonesia (WNI) di mana pun berada.
|Baca juga: Transaksi Digital Banking BNI Mencapai Rp1.104 Triliun
|Baca juga: Kredit Permata Bank Naik 8,6% per Kuartal III/2024
Dengan perluasan layanan remitansi di 12 negara mitra, tambahnya, masyarakat Indonesia di mancanegara dapat lebih mudah mendapatkan akses layanan keuangan yang dibutuhkan, termasuk untuk melakukan pengiriman uang.
“Kami terus memperluas jaringan di seluruh e-channel BSI untuk mengoptimalkan layanan ritel bagi nasabah, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Ini merupakan langkah BSI menuju peran sebagai bank universal yang dapat melayani nasabah di mancanegara melalui layanan remittance,” kata Anton, dikutip dari keterangan tertulisnya, Selasa, 29 Oktober 2024.
Anton menjelaskan BSI baru-baru ini berpartisipasi dalam acara tahunan dengan mitra remitansi Jepang, Kyodai Remittance, yang bertajuk ‘Indonesia-Japan Friendship Festival‘. Acara ini berlangsung pada 19-20 Oktober 2024 dan dihadiri oleh sekitar 10 ribu pengunjung. Saat ini, Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Jepang mencapai lebih dari 180 ribu orang.
Ia mengatakan jumlah PMI yang terus bertambah di Jepang merupakan potensi besar bagi bisnis remitansi BSI dari Jepang ke Indonesia. Dalam hal capaian transaksi, BSI mencatatkan lebih dari 1,2 juta transaksi remitansi, baik untuk pengiriman masuk maupun keluar dari Indonesia, dengan pertumbuhan mencapai lebih dari 20 persen setiap tahunnya.
|Baca juga: Gojek Berikan Literasi Keuangan kepada Mitranya
|Baca juga: Allianz Syariah Berbagi Kebaikan Lewat Program Literasi dan Inklusi
“Kami optimistis angka ini akan terus meningkat seiring dengan penambahan mitra dan negara yang menjalin kerja sama remitansi, dengan BSI,” tambah Anton.
BSI juga telah mengadopsi teknologi Application Programming Interface (API) yang terintegrasi, memudahkan nasabah untuk bertransaksi secara real-time, kapan pun dan di mana pun. Layanan ditujukan BSI untuk memberikan fleksibilitas dan kenyamanan bagi nasabah, terutama bagi para pekerja migran yang jauh dari Tanah Air.
Editor: Angga Bratadharma
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News