Media Asuransi, JAKARTA – PT Asuransi Cakrawala Proteksi atau Cakrawala mencatatkan perolehan laba sebesar Rp19,3 miliar pada 2023. Pencapaian itu tumbuh sebanyak 1,04 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada 2022 yang tercatat sebesar Rp19,1 miliar.
Mengutip laporan keuangan yang dirilis oleh perusahaan, Kamis, 2 Mei 2024, nilai investasi Cakrawala meningkat signifikan menjadi Rp326,9 miliar atau tumbuh sebesar 9,3 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang sebesar Rp298,8 miliar pada 2022.
Aset perusahaan mengalami peningkatan signifikan mencapai Rp1,08 triliun pada 2023, menandai kenaikan sebesar 8,39 persen dari periode yang sama pada 2022 yang tercatat sebesar Rp1 triliun. Sedangkan premi bruto Cakrawala tercatat Rp1,37 triliun atau naik 16,5 persen dari tahun sebelumnya yang mencapai Rp1,18 triliun pada 2022.
|Baca juga: Tugu Insurance Catatkan Premi Hampir Rp 2 Triliun di Kinerja Konsolidasian TW 1/2024
Pendapatan underwriting pada 2023 mengalami peningkatan menjadi Rp493 miliar atau menguat sebanyak 10,7 persen dari tahun sebelumnya yang hanya sebesar Rp445 miliar pada 2022. Sedangkan tingkat kecukupan modal perusahaan, yang diukur dengan metrik Risk Based Capital (RBC), mencapai 229,9 persen.
Angka RBC tersebut jauh melampaui ketentuan yang dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang menetapkan minimum 120 persen untuk tingkat kecukupan modal. Dengan pencapaian ini, Cakrawala menegaskan komitmen untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan sambil tetap memerhatikan keberlanjutan keuangan perusahaan.
Editor: Angga Bratadharma
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News