Media Asuransi, GLOBAL – Laporan terbaru PolicyBazaar menyebutkan pembelian asuransi oleh warga India yang tinggal di luar negeri (NRI) mengalami peningkatan 50 persen dalam dua tahun terakhir, khususnya untuk produk asuransi jangka panjang. Pasar utama pembeli asuransi NRI meliputi Uni Emirat Arab (UEA), Amerika Serikat, dan Arab Saudi.
Dalam kategori asuransi jangka panjang, NRI mencakup 12 persen dari total basis pelanggan dengan tingkat pertumbuhan tahunan lebih dari 50 persen dalam dua tahun terakhir.
|Baca juga: Asuransi Asei Kembangkan Digitalisasi Demi Manjakan Nasabah di Era Digital
|Baca juga: Adonai-CAR-TCI Sepakat Perkuat Asuransi Syariah di Indonesia Lewat Platform Wakaf Digital
Dilansir dari laman Insurance Asia, Rabu, 6 November 2024, kelompok usia 31 hingga 40 tahun mendominasi segmen ini, mencapai 61 persen dari total pembeli, karena banyak yang mencari perlindungan finansial bagi keluarga mereka.
Jumlah pemegang polis wanita juga meningkat dari 4 persen menjadi 11 persen dalam dua tahun fiskal terakhir, yang menunjukkan peningkatan kemandirian finansial di kalangan wanita NRI. NRI di Amerika Serikat rata-rata memilih nilai pertanggungan tertinggi, mencapai ₹2,5 crore.
Asuransi kesehatan untuk NRI tumbuh pesat dengan kenaikan tahunan 70 persen, 140 persen, dan 100 persen dalam tiga tahun terakhir, terutama didorong oleh pasar di negara-negara Teluk yang mencapai 60 persen dari pembelian.
Minat terhadap rencana dengan cakupan global juga meningkat, dengan 25 persen pemegang polis kini mencari opsi ini, sementara permintaan untuk cakupan rawat jalan naik dari lima persen menjadi 25 persen dalam dua tahun.
|Baca juga: Pastikan Adopsi Teknologi Efisien dan Terukur, Bos Asuransi Asei Pilih ‘Kolab’ dengan Startup
|Baca juga: Kinerja Underwriting Korean Reinsurance Diperkirakan Terus Stabil, Apa Pendongkraknya?
Klaim asuransi kesehatan NRI sering kali memuncak pada Oktober hingga Desember, ketika banyak NRI berkunjung ke India untuk kebutuhan medis. Investasi dalam produk asuransi terkait, khususnya Unit-Linked Insurance Plans (ULIP), juga mengalami pertumbuhan sebesar 50 persen dari 2021 hingga 2024, dengan NRI menyumbang 12,5 persen dari total pelanggan.
UEA menjadi negara dengan investasi tertinggi oleh NRI, mencapai 32 persen, disusul oleh AS dan Kanada dengan 14 persen. Kelompok usia 28-45 tahun mendominasi investasi ini, sementara partisipasi wanita meningkat dari enam persen menjadi 11 persen pada tahun fiskal terakhir.
Editor: Angga Bratadharma
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News