Media Asuransi, JAKARTA – PT Asuransi Asei Indonesia (Asuransi Asei) semakin serius dalam mengembangkan sistem manajemen berbasis digital. Hal itu guna mempercepat proses layanan dan memenuhi kebutuhan nasabah di era digital.
Direktur Utama Asuransi Asei Indonesia Achmad Sudiyar Dalimunthe menjelaskan digitalisasi ini akan mencakup otomatisasi pada proses klaim, underwriting, dan pemasaran, yang bertujuan meningkatkan efisiensi serta mempercepat waktu pelayanan.
|Baca juga: RUPS Kementerian BUMN Putuskan Simon Aloysius Mantiri Jadi Dirut Pertamina
|Baca juga: Profil Simon Aloysius Mantiri, Petinggi Gerindra yang Jadi Bos Baru Pertamina
“Kami memanfaatkan teknologi 4.0 agar dapat memberikan pengalaman yang lebih baik kepada nasabah dengan layanan yang cepat dan responsif,” ujar Achmad, kepada Media Asuransi, Senin, 4 November 2024.
Transformasi ini melibatkan pengembangan aplikasi mobile yang memudahkan nasabah dalam mengakses informasi polis, mengajukan klaim, dan berinteraksi langsung dengan perusahaan. Selain itu, Asuransi Asei juga menyiapkan peta jalan IT yang memanfaatkan big data dan analitik data untuk memahami perilaku nasabah dan mengidentifikasi risiko dengan lebih baik.
|Baca juga: Kazee Summit 2024: Siap Mengubah Lanskap PR dan Pemasaran di Era AI
|Baca juga: Rayakan Hari Jadi ke-33 Tahun, Zurich Indonesia Gelar Aksi Nyata Dukung Masyarakat
Ia menyebut penggunaan teknologi analitik ini memungkinkan penawaran produk yang lebih personal dan relevan bagi nasabah. Perusahaan pun mulai merencanakan penggunaan kecerdasan buatan (AI), seperti chatbot untuk menjawab pertanyaan umum dan mendukung layanan pelanggan secara efisien, serta analisis risiko yang lebih akurat dalam proses underwriting.
Achmad menegaskan transformasi digital ini dilakukan secara bertahap untuk mengalokasikan belanja modal secara efektif, sehingga perusahaan tetap kompetitif di pasar. Dengan investasi signifikan dalam teknologi digital, Asuransi Asei Indonesia berharap dapat meningkatkan efisiensi operasional sekaligus memberikan nilai tambah yang berarti bagi nasabah.
|Baca juga: Fitch Afirmasi Peringkat Asuransi Wahana Tata (Aswata) AA Outlook Stabil
|Baca juga: Kondisi Pailit, BEI Perpanjang Masa Suspensi Saham Sritex (SRIL)
“Melalui inovasi dan transformasi digital ini, kami siap menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang di pasar yang terus berkembang,” pungkas Achmad.
Editor: Angga Bratadharma
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News