1
1

Mengulik Tren Smartphone Premium yang Jadi Incaran Gen Z dan Milenial di Indonesia

Ilustrasi. | Foto: Google Indonesia

Media Asuransi, JAKARTA – Dengan berbagai kecanggihan yang ditawarkan, generasi muda saat ini menjadi pengguna terbesar smartphone premium. Berdasarkan survei di Indonesia pada Maret 2024, milenial adalah peminat tertinggi smartphone premium dengan jumlah 54 persen, disusul Gen Z sebanyak 29 persen, Gen X 11 persen, dan baby boomers lima persen.

Keinginan untuk terus up-to-date dengan tren yang sedang berkembang merupakan faktor utama yang memikat Gen Z dan milenial saat akan membeli smartphone. Menurut riset Kantar Connected Luxury pada 2023, kedua golongan usia ini memprioritaskan dua hal yaitu kecanggihan kamera dan fitur teknologi terbaru, diikuti dengan desain dan inovasi yang memadai.

Mengutip Google Indonesia, Minggu, 30 Juni 2024, antusiasme konsumen untuk memanfaatkan AI di keseharian, juga mulai berdampak kepada keputusannya memilih sebuah barang. Google Search Trend menunjukkan pencarian dengan kata kunci AI sejak 2022 sampai 2024 meningkat 20 persen.

|Baca juga: Survei Populix: Nilai Transaksi Tertinggi QRIS di Atas Rp3 Juta dalam Satu Kali Pembayaran

Konsumen juga mulai terlihat memiliki ekspektasi tertinggi pada AI dalam fitur seperti photo editing, penerjemah, analisis bacaan, pembuatan dokumen, dan fitur produktivitas lainnya. Selain itu, kemampuan AI di fitur kamera, pembuatan draft email, otomasi chat respond, dan asisten virtual juga menjadi daya tarik.

Andalkan Google dan YouTube

Di sisi lain, data dari Google Search Trends menunjukkan satu dari dua orang Indonesia masih mengandalkan Google dan YouTube dalam pencarian smartphone. Lebih dari 56 persen pengguna memakai kata kunci terkait ‘foldable‘ atau ponsel lipat. Indonesia merupakan satu dari tiga negara dengan penggunaan kata kunci tersebut setelah Malaysia dan Singapura.

Efektivitas mesin pencari sebagai alat pemasaran juga semakin diperkuat oleh riset Kantar Connected Luxury 2023. Riset menunjukkan 92 persen konsumen menemukan brand smartphone melalui mesin pencari dan 85 persen melalui video online.

|Baca juga: Chatbots AI dan Gen AI Diprediksi Jadi Primadona sebagai Alat Proses Klaim Asuransi

Selain itu, sebanyak 72 persen responden mencari melalui website resmi brand, 66 persen menggunakan media sosial, 65 persen terpapar dengan iklan TV, media cetak, dan toko offline, 64 persen dari iklan online, dan 44 persen terpapar dari kolaborasi brand dengan influencer melalui rekomendasi mereka di YouTube maupun media sosial.

Selain fitur kamera yang mumpuni dan desain smartphone foldable, kini kehadiran AI pada smartphone juga merupakan salah satu hal yang paling dicari konsumen. Ini membuktikan bahwa masyarakat semakin antusiasme terhadap teknologi dan perubahan yang dibawa oleh AI.

Editor: Angga Bratadharma

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Dukung Pengusaha Vendor Pemerintah, Modalku Perluas Layanan Modal Proyek
Next Post AXA Mandiri Gelar Kegiatan Sosial di Jogja

Member Login

or