1
1

#Kabur Aja Dulu, Sekadar Tren atau Indikasi Niat?

Viral hastag #kaburajadulu. | Foto: vectezy

Media Asuransi, JAKARTA – Ramainya tagar ‘Kabur Aja Dulu’ di media sosial memicu spekulasi tentang seberapa besar keinginan nyata masyarakat Indonesia untuk pindah ke luar negeri. Untuk mengetahui apakah ini sekadar tren sesaat atau rencana konkret, YouGov Indonesia melakukan survei. Hasilnya mengungkap niat migrasi yang cukup signifikan, terutama di kalangan generasi muda.

General Manager YouGov Indonesia, Edward Hutasoit, menyatakan bahwa YouGov ingin memahami apakah ‘Kabur Aja Dulu’ sekedar tren atau indikasi niat untuk pindah ke luar negeri. Dalam dunia konsumen, ada tren yang hanya menjadi topik hangat, tapi ada juga yang benar-benar mendorong orang untuk bertindak, seperti melakukan pembelian.

“Kami melihat pola serupa dalam tren migrasi, bagi sebagian orang, ini mungkin hanya sekadar wacana, tapi bagi yang lain, bisa jadi ini adalah langkah nyata yang sedang dipertimbangkan,” kata Edward dalam keterangan resmi yang dikutip Minggu, 9 Maret 2025.

|Baca juga:Ramai Tagar #KaburAjaDulu, Berikut Tips Cari Kerja di Luar Negeri

Data terbaru survei YouGov Indonesia pada 24-27 Februari 2025, menemukan bahwa 41 persen Gen Z mempertimbangkan kemungkinan pindah ke luar negeri dalam beberapa tahun ke depan. Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan 31 persen Milenial, 26 persen Gen X, dan 12 persen Baby Boomers.

Selain faktor generasi, status pernikahan dan latar belakang profesional juga berpengaruh terhadap niat untuk pindah. Secara keseluruhan, mereka yang belum menikah lebih terbuka terhadap kemungkinan pindah ke luar negeri (42 persen), sementara yang sudah menikah cenderung memilih tetap di Indonesia (49 persen).

Menariknya, jika sebelumnya pindah ke luar negeri untuk studi sudah menjadi hal umum, kini usia produktif Indonesia mulai mempertimbangkan pindah demi memulai bisnis atau berkarier di luar negeri. Hal ini menunjukkan bahwa keputusan bermigrasi bukan hanya didorong oleh pendidikan, tetapi juga faktor ekonomi dan peluang usaha lebih luas.

|Baca juga: Jalur Ini Bisa Membuka Peluang Bekerja di Luar Negeri

Hasil survei ini juga menemukan bahwa 29 persen individu yang ingin pindah ke luar negeri melakukannya dengan tujuan memulai bisnis sendiri. Kelompok ini didominasi oleh profesional tingkat tinggi dan individu dari kelas sosial-ekonomi atas (Upper I class), dengan negara tujuan utama memulai usaha adalah Jepang (51 persen), Australia (27 persen), dan Swiss (18 persen).

Di sisi lain, tidak semua generasi memiliki pandangan yang sama terhadap masa depan Indonesia. Namun, tidak semua generasi memiliki pandangan yang sama terhadap masa depan Indonesia. Gen X tercatat sebagai kelompok yang paling optimistis, dengan 40 persen merasa yakin akan arah perkembangan negara. Sebaliknya, Gen Z memiliki tingkat pesimisme tertinggi, dengan 37 persen merasa kurang yakin terhadap masa depan Indonesia.

Perbedaan ini mencerminkan bagaimana pengalaman hidup dan tahapan karier dapat mempengaruhi cara pandang seseorang terhadap peluang di dalam negeri maupun di luar negeri.

Namun, tidak semua individu melihat luar negeri sebagai pilihan utama. Di antara mereka yang memilih tetap di Indonesia, merespons perubahan dengan strategi seperti meningkatkan karier lokal (41 persen), mempertimbangkan pendidikan lanjutan (16 persen), atau mengadopsi gaya hidup lebih hemat (40 persen).

Survei ini dilakukan melalui panel online YouGov dengan metodologi yang telah disesuaikan untuk memastikan hasil yang representatif terhadap populasi Indonesia berdasarkan usia, jenis kelamin, dan wilayah geografis. Survei ini melibatkan 2.003 responden laki-laki dan perempuan yang telah dilaksanakan pada 24-27 Februari 2025.

Editor: S. Edi Santosa

 

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Pasar Asuransi Kendaraan Bermotor di Asia Pasifik Diramal Tembus US$301,7 Miliar
Next Post Pemerintah Siapkan Strategi Hadapi Mudik Lebaran 2025
mediaasuransi_pd_728x90_std_hsbc mediaasuransi_pd_300x600_std_hsbc mediaasuransi_pd_300x250_std_hsbc mediaasuransi_pd_320x100_std_hsbc mediaasuransi_pd_320x50_std_hsbc mediaasuransi_pd_320x480_std_hsbc

Member Login

or