1
1

OJK Terus Benahi Ekosistem Asuransi Kesehatan

Ilustrasi.| Foto: Freepik

Media Asuransi, JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) saat ini sedang melakukan pembenahan ekosistem asuransi kesehatan. Tujuannya adalah untuk mendorong praktik pengelolaan risiko yang memadai dan efisiensi pengelolaan biaya kesehatan.

“Seluruh pemain dalam ekosistem ini harus didorong untuk memberikan efisiensi biaya medis,” kata Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan dan Dana Pensiun OJK, Ogi Prastomiyono, dalam keterangan resmi yang dikutip Kamis, 13 Juni 2024.

|Baca juga: AAJI Catat Klaim Asuransi Kesehatan Melonjak 29,6% di Kuartal I/2024

Sementara itu dari sisi nasabah, menurutnya perlu didorong untuk mulai memiliki kebiasaan hidup sehat, agar dapat mendorong produktivitas yang lebih panjang dan potensi sakit yang lebih kecil, sehingga biaya yang dibutuhkan lebih efisien. Hal ini dilakukan melalui sosialisasi yang masif terhadap seluruh pemegang polis asuransi tentang pentingnya hidup sehat. Materi sosialisasi diperoleh dari infografis yang disediakan oleh Rumah Sakit rekanan.

“Ke depan OJK juga mendorong untuk menggunakan teknologi digital dan Gen AI untuk mulai membangun database yang dapat digunakan dalam ‘telekonsultasi’, semacam konsultasi dengan dokter umum secara digital, untuk meminimalkan kunjungan ke RS. Saat ini OJK juga mendorong pemanfaatan fasilitas kesehatan tingkat pertama seperti klinik untuk memberikan layanan kesehatan,” jelas Ogi.

Aspek berikutnya adalah OJK mendorong pemanfaatan teknologi digital melalui host-to-host dengan rumah sakit untuk membangun database yang baik. Juga memungkinkan pemberian layanan medis yang lebih cepat dan terukur secara medis, atau memenuhi kaidah clinical pathways untuk layanan medis dan efficacy yang memadai untuk obat.

Database yang diperoleh dari sistem host-to-host ini akan digunakan untuk melakukan Utilization Review dengan Rumah Sakit rekanan untuk mendorong layanan medis dan obat yang lebih efisien, dengan mengedepankan aspek clinical pathways dan efficacy yang memadai. Teknologi digital ini juga memungkinkan untuk memitigasi risiko fraud dari pengguna jasa asuransi dan fasilitas kesehatan sebagai penyedia layanan medis.

|Baca juga: Asuransi Kesehatan yang Sedang Tidak Sehat

“Bagian terakhir adalah pembentukan database asuransi kesehatan untuk membangun risk scoring yang memadai dan untuk memitigasi pengguna dan penyedia jasa dari risiko fraud. Effort ini kami lakukan bersama Kementrian Kesehatan untuk memastikan hasil Utilization Review dapat diterapkan dalam pemberian layanan medis dan obat oleh RS rekanan.

Selain itu, OJK mendorong perusahaan asuransi untuk membentuk Medical Advisory Board yang akan memberikan masukan berkala atas layanan medis yang ada. Sehingga perusahaan asuransi, berdasarkan data yang ada dari pemberian asuransi kesehatan, dapat mengkomunikasikan hasilnya dengan RS rekanan.

OJK juga mendorong perusahaan asuransi untuk membangun database kepesertaan asuransi kesehatan untuk memastikan dapat memperoleh database yang memadai tentang pengalaman loss ratio dari badan usaha yang ditutup dan dari individu, serta untuk memitigasi risiko fraud dari nasabah berbentuk badan usaha dan individu. “Database ini nantinya akan digunakan oleh seluruh perusahaan asuransi yang memberikan layanan asuransi kesehatan,” kata Ogi.

Sementara itu terkait produk yang ada, OJK mendorong perusahaan asuransi untuk mereview kembali fitur produk yang dipasarkan. Sehingga produk tersebut sesuai dengan kebutuhan nasabah dan tidak berlebihan dan mudah untuk dimanfaatkan dengan tidak bertanggung jawab.

Dari sisi pemasaran, Ogi Prastomiyono meminta perusahaan asuransi untuk membekali tenaga pemasar dengan pemahaman produk yang memadai, sehingga dapat menjelaskan dengan baik kepada calon nasabah.

Editor: S. Edi Santosa

 

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Presiden Jokowi Buka Jakarta Fair Kemayoran 2024
Next Post Digital Mediatama Maxima Raih Penghargaan dari Samsung

Member Login

or