Prudential Indonesia Dukung Global Money Week melalui Program Cha-Ching Kid$ at Home

Media Asuransi – PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) berupaya untuk memperkuat literasi keuangan anak yang berkelanjutan dan menyeluruh, agar mereka lebih siap dalam menjalani masa depan, melalui program Cha-Ching Kid$ at Home. 

President Director Prudential Indonesia, Jens Reisch, mengatakan agar program Cha-Ching Kid$ at Home merupakan perluasan program Cha-Ching yang telah berjalan sejak 2012 hasil kolaborasi dengan Prestasi Junior Indonesia (PJI). Cha-Ching Kid$ at Home sejalan dengan dukungan perusahaan terhadap Global Money Week (GMW), kampanye tahunan global yang bertujuan meningkatkan kesadaran pentingnya memastikan anak-anak muda sejak usia dini paham mengenai literasi keuangan, dan secara bertahap mendapatkan pengetahuan, keterampilan, sikap, serta perilaku yang diperlukan untuk dapat membuat keputusan finansial, dan mencapai kesejahteraan serta ketahanan finansial di masa depan.

“Hingga September 2020, kurikulum Cha-Ching telah diimplementasikan di 2.665 sekolah di Sidoarjo, Trenggalek, Blitar, dan  Jakarta, serta menjangkau 4.828 guru dan 146.799 siswa Sekolah Dasar. Secara total, Cha-Ching telah menjangkau hampir 10 juta orang di Indonesia melalui berbagai aktivitas dan saluran komunikasi melalui program pengajaran Cha-Ching, media sosial, kolaborasi dengan berbagai komunitas, dan TV nasional,” kata Jens Reisch dalam sambutan pembukaan sesi Cha-Ching Kid$ at Home khusus anak-anak dari rekan media dan blogger secara daring, Sabtu, 27 Maret 2021. 

Baca Juga:

Menurut Jens Reisch, GMW 2021 diadakan mulai dari 22 hingga 28 Maret dengan tema “Take care of yourself, take care of your money”, yang menyoroti pentingnya membangun ketahanan finansial dan tetap sehat di masa pandemi ini. Cha-Ching merupakan program literasi keuangan pemenang penghargaan yang diluncurkan oleh Prudence Foundation pada 2011, bekerja sama dengan Cartoon Network serta Dr. Alice Wilder, pakar edukasi dan psikologi anak ternama, dan telah diimplementasikan di 13 negara di Asia dan Afrika. 

“Kami memahami bahwa anak-anak mulai membentuk kebiasaan finansial sejak usia 7 tahun. Oleh karena itu, sangat penting untuk memberikan pemahaman dasar mengenai keuangan sejak usia tersebut demi mengajarkan anak agar lebih bijak dalam mengambil keputusan keuangan di masa depan. 

Jens Reisch  mengungkapkan, dengan sistem pembelajaran daring, yang disesuaikan dengan kondisi saat ini, serta modul pembelajaran yang menarik dan interaktif, kami berharap program Cha-Ching Kid$ at Home dapat mengajarkan literasi keuangan ke lebih banyak anak di Indonesia sehingga tercipta komunitas yang tangguh secara finansial dan sejahtera di masa depan.

Jens Reisch menambahkan, program Cha-Ching Kid$ at Home mengajarkan empat konsep dasar pengelolaan uang yaitu Memperoleh (Earn), Menyimpan (Save), Membelanjakan (Spend), dan Menyumbangkan (Donate) kepada anak usia 7-12 tahun. Tahun lalu, keterbatasan bertemu secara fisik akibat pandemi mendorong Prudential Indonesia untuk meluncurkan Cha-Ching Kid$ at Home, yang memungkinkan orang tua untuk mengajarkan dasar-dasar pengelolaan uang kepada anak di rumah.

“Dukungan kami terhadap GMW melalui program Cha-Ching Kid$ at Home dilandasi oleh kesamaan tujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menanamkan pengetahuan pengelolaan keuangan dan sikap tanggung jawab pada anak sejak usia dini. Cha-Ching Kid$ at Home juga sejalan dengan aspirasi perusahaan untuk membantu masyarakat Indonesia menjadi lebih sejahtera,” jelasnya.

Dikesempatan sama,  CEO Eastspring Indonesia, Alan J. Tangkas Darmawan, mengatakan, program Cha-Ching Kid$ at Home sejalan dengan inisiatif #MoneyParenting kami yang bertujuan memberdayakan orang tua dengan kepercayaan diri dan tahu bagaimana melatih anak dalam mengelola keuangan yang sukses. Melalui inisiatif #MoneyParenting, kami membantu para orang tua memberikan pemahaman dasar mengenai pentingnya nilai uang kepada anak-anak, karena kami percaya orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk keyakinan dan sikap anak sehari–hari.

“Kami senang dapat menjadi bagian dari program Cha-Ching Kid$ at Home. Inisiatif ini diharapkan dapat membantu anak-anak membuat keputusan finansial yang lebih baik saat mereka dewasa nanti,” pungkasnya. One