Reliance Sekuritas: IHSG Berpotensi Bergerak Menguat

Media Asuransi – Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan berpotensi menguat pada perdagangan hari ini setelah terkoreksi 0,53% pada perdagangan sebelumnya.

Head of Research Equity Technical Analyst PT Reliance Sekuritas Indonesia Tbk, Lanjar Nafi mengatakan, secara teknikal IHSG bergerak terkonsolidasi seakan pulled back upper bollinger bands dan resistance fractal yang berada di kisaran 6.394. 

Dia menjelaskann indikator stochastic golden-cross pada area oversold dan indikator RSI memberikan momentum positif sehingga tren penguatan yang masih cukup kuat mengiringi pergerakan IHSG selanjutnya. “Sehingga diperkirakan IHSG berpotensi menguat pada perdagangan selanjutnya dengan support resistance 6.277-6.394,” katanya melalui riset harian yang dikutip Media Asuransi, Selasa, 16 Maret 2021. 

Baca juga: Per 12 Maret 2021, Kapitalisasi BEI Capai Rp7.438 Triliun

Menurutnya, saham-saham yang masih dapat dicermati secara teknikal di antaranya; ADHI, ADRO, AGII, ANTM, HOKI, INCO, PTPP, WIKA, dan WSKT.

Kemarin, IHSG (-0,53%) turun 33,95 poin ke level 6.324,26 dengan indeks sektor industri dasar (-1,25%) dan Infrastruktur (-1,05%) turun lebih dari sepersen. Penguatan saham-saham produsen CPO akibat naiknya harga CPO Malaysia tidak mampu menahan pelemahan IHSG hingga akhir sesi perdagangan. Harga CPO Malaysia naik lebih dari 4.100 ringgit permton mendorong optimisme investor terhadap prospek harga jual kedepan. 

“Pertumbuhan aktivitas eskpor Indonesia untuk bulan Februari di bawah ekspektasi dan lebih rendah dari periode sebelumnya menjadi faktor penekan pergerakan meskipun secara keseluruhan neraca perdagangan surplus lebih dari US$2 miliar.”

Baca juga: 

Sementara itu, indeks ekuitas Asia bervariasi. Pelemahan terjadi pada indeks CSI300 (-2,15%) dan Kospi (-0,28%) sedangkan penguatan terjadi pada indeks Nikkei (+0,17%), TOPIX (+0,91%) dan Hang Seng (+0,33%). 

“Pertumbuhan produksi industrial dan penjualan eceran di Tiongkok yang di atas ekspektasi tidak mampu menahan aksi ambil untung investor di awal pekan akibat kecemasan dampak adanya rotasi aset di saat imbal hasil obligasi menguat,” jelas Lanjar.

Adapun, bursa Eropa membuka perdagangan di zona hijau. Indeks Eurostoxx (+0,39%), FTSE (+0,35%) dan DAX (+0,24%) naik di saat investor fokus pada kekuatan pemulihan ekonomi global dan kemajuan dalam vaksinasi. Perusahaan transportasi dan pembuat mobil, memimpin penguatan. 

“Selanjutnya investor akan menanti hasil pertemuan Bank Sentral pada kebijakan suku bunga dan kebijakan moneter sebagai indikasi pemulihan ekonomi dan arah kebijakan selanjutnya.” Aca