1
1

Tugu Insurance Pertahankan Rating A-(Excellent) dari AM Best

   PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) kembali mendapatkan peringkat Rating A- (Excellent) dari AM Best, lembaga pemeringkat global di bidang perasuransian. Dengan raihan peringkat Rating A- (Excellent), Tugu Insurance berarti telah berhasil mempertahankan peringkat ini selama empat tahun berturut-turut, sehingga masih menjadi satu-satunya perusahaan asuransi umum nasional yang memiliki predikat rating internasional A- (Excellent) dari AM Best.

    Menurut Presiden Direktur Tugu Insurance Indra Baruna, peringkat A- (Excellent) yang berhasil dipertahankan Tugu Insurance adalah salah satu catatan capaian penting perseroan. AM Best menilai, peringkat ini mencerminkan kinerja keuangan Tugu Insurance yang sangat kuat, didukung oleh operasional bisnis yang kuat dan manajemen risiko yang sesuai. Lembaga pemeringkat ini menegaskan peringkat kekuatan keuangan Tugu Insurance sangat baik (A-) dan ‘a- untuk peringkat kredit emiten jangka panjang.

   Sebagai perusahaan yang menutup risiko, Indra memastikan pihaknya senantiasa berupaya memberikan analisis yang tajam terhadap risiko yang akan ditanggung. “Prinsip kehati-hatian ini berdampak positif terhadap pertumbuhan hasil underwriting. Kami juga berusaha cermat dalam melakukan investasi sehingga manajemen risiko perusahaan bisa terus ditingkatkan,” katanya dalam keterangan resmi yang diterima redaksi, 6 November 2019.

   Mengutip penjelasan AM Best, Indra Baruna menuturkan bahwa penilaian kekuatan neraca perseroan didukung oleh kapitalisasi yang disesuaikan risiko sehingga tetap berada pada tingkat terkuat. Kekuatan itu diukur berdasarkan Best’s Capital Adequacy Ratio (BCAR). Selain itu, AM Best menganggap risiko investasi perusahaan termasuk moderat. “Pengelolaan risiko yang penuh dengan kehati-hatian menjadi fokus perseroan. Kami akan terus meningkatkannya tanpa mengesampingkan pencapaian kinerja keuangan yang sangat dipengaruhi oleh stabilitas perekonomian global,” tuturnya.

    Tugu Insurance masih menjadi pemain dominan dalam bidang energi, penerbangan komersial, kelautan, dan properti. Meskipun demikian, perseroan kini hadir di sektor ritel yaitu dengan produk unggulan asuransi kendaraan bermotor. Selain itu, bisnis reasuransi domestik juga telah menjadi komponen signifikan dalam penerimaan premi selama beberapa tahun terakhir.

   Indra Baruna mengakui masih banyak pekerjaan rumah bagi manajemen untuk meningkatkan kinerja perseroan. Pekerjaan rumah itu antara lain, peningkatan pengelolaan layanan bisnis secara teintegrasi, baik untuk segmentasi korporasi maupun ritel. Sejak tahun lalu, manajemen mulai melakukan brand & culture transformation diiringi dengan beberapa inovasi teknologi, antara lain dengan pelucuran smart driving application t drive.

  Langkah ini merupakan wujud nyata keseriusan manajemen untuk membawa perseroan berkembang sesuai dengan era perubahan yang ada yaitu digitalisasi. “Salah satunya adalah menyasar pasar ritel agar perseroan dapat melangkah lebih tinggi lagi bersama bisnis korporasi yang selama ini menjadi andalan perseroan, serta mampu memberikan manfaat perlindungan kepada masyarakat luas,” tambah Indra. Edi

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post OJK: Konsolidasi untuk Dorong Perbankan Lebih Efisien
Next Post Indeks Literasi dan Inklusi Keuangan Meningkat

Member Login

or