Ammar Zoni: Tak Menyangka Rumahnya akan Kebanjiran

Hujan Lebat yang terjadi pada Februari lalu menimbulkan dampak yang luar biasa di sebagian wilayah Indonesia, khususnya wilayah Jakarta dan sekitarnya. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mencatat potensi dampak hujan lebat di sejumlah wilayah Indonesia. Bahkan hasil data yang dirangkum menunjukkan beberapa daerah berstatus siaga banjir, tidak terkecuali wilayah Ibu Kota Jakarta, yang hampir setiap tahun selalu saja ada wilayahnya yang menjadi langganan banjir.

Bagi sebagian masyarakat, hujan di bulan Februari 2021 telah memberikan kesan tersendiri, termasuk bagi aktor tampan, Ammar Zoni. Bagaimana tidak, rumahnya yang terletak di kawasan elit di bilangan Jalan Jati Padang, Jakarta Selatan, juga harus merasakan yang namanya banjir. Alhasil, artis pemilik nama lengkap Muhammad Ammar Akbar Alruvi ini, juga harus merasakan banjir yang masuk hingga ke dalam rumah hingga setinggi paha orang dewasa.

Ammar, panggilan akrab aktor kelahiran Depok, 28 tahun ini, tidak menyangka sama sekali rumahnya bakal kebanjiran, sebab selain masih baru tinggal di kawasan tersebut, banjir juga belum pernah dialami sebelumnya.

“Diambil hikmah saja dari setiap kejadian. Alhamdulillah saya dan keluarga sehat, tidak kurang satu apapun. Kalau urusan barang-barang yang tidak bisa diselamatkan, Insyaallah masih bisa diganti atau dicari lagi,” ungkap pemain sinetron ‘Anak Jalanan’ ini.

Tapi yang pasti, banjir yang dialaminya telah memberikan pelajaran berharga, bahwa yang namanya musibah bisa terjadi kapan dan di mana saja. Karena itulah, suami dari artis Iris Bella ini mulai belajar untuk lebih waspada lagi.

“Kemarin itu banjir, kita tidak tahu kejadian apalagi yang mungkin bisa terjadi tanpa bisa diprediksi sebelumnya. Belajar dari kejadian banjir tersebut, pasti ada kerugian secara material seperti barang-barang berharga yang tidak bisa diselamatkan. Walaupun ada barang-barang berharga yang juga masih bisa diselamatkan, seperti mobil. Tapi artinya ada kerugian material dari musibah banjir,” jelas ayah dari Air Rumi Akbar ini.

Dan pastinya, menurut Ammar, tidak ada satu orang pun yang mau terkena musibah. Tapi itu tadi, yang namanya musibah ‘kan tidak dapat diprediksi, yang bisa dilakukan adalah menjaga jangan sampai terkena musibah dan meminimalkan kerugian bila sampai itu terjadi.

“Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko, bisa dengan lebih waspada jika tinggal di daerah yang pernah terkena banjir, bila terjadi hujan lebat dengan intensitas tinggi mulai untuk mengemasi barang-barang berharga, memindahkan mobil dan motor ke tempat yang lebih aman, dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan. Tapi ada satu cara lagi yang juga perlu dilakukan, yaitu asuransikan semua barang berharga,” tegas pria yang mengawali kariernya sebagai model ini. Arief Wahyudi