Media Asuransi, GLOBAL – AM Best telah mengafirmasi Peringkat Kekuatan Keuangan A (Sangat Baik) dan Peringkat Kredit Penerbit Jangka Panjang “a” (Sangat Baik) dari Hanwha General Insurance Company Limited (HGI ) (Korea Selatan). Outlook dari Peringkat Kredit (rating) ini adalah stabil.
Peringkat tersebut mencerminkan kekuatan neraca HGI, yang menurut penilaian AM Best kuat, serta kinerja operasional yang memadai, profil bisnis yang netral, dan manajemen risiko perusahaan yang tepat. Peringkat juga mencerminkan dukungan yang diterima perusahaan dari induknya, Hanwha Life Insurance Co., Ltd. (Hanwha Life).
Kapitalisasi yang disesuaikan dengan risiko HGI, yang diukur dengan Best’s Capital Adequacy Ratio (BCAR), dinilai berada pada level terkuat, didukung oleh berbagai tindakan penambahan modal yang dilakukan oleh perusahaan pada tahun 2022. Meskipun perusahaan menghadapi tekanan pada modal yang dilaporkan dari kenaikan suku bunga pada tahun 2022, AM Best memperkirakan sensitivitas suku bunga rasio modal dan solvabilitas sebagian besar akan ditundukkan di bawah rezim akuntansi dan solvabilitas yang baru (IFRS 17 dan K-ICS), yang selanjutnya didukung oleh peningkatan durasi aset-liabilitas HGI dalam beberapa tahun terakhir.
|Baca juga: Hanwha Group Resmi Pemegang Kendali Lippo General Insurance
Dengan rata-rata pengembalian ekuitas konsolidasi selama lima tahun sebesar 5,5% (2018-2022), penilaian kinerja operasi HGI tetap memadai. Profitabilitas lini asuransi jangka panjangnya meningkat secara material pada tahun 2022 karena efek akumulasi dari kenaikan suku bunga di tahun-tahun sebelumnya untuk kebijakan ganti rugi medis warisan yang tidak menguntungkan mulai terwujud.
AM Best juga mengharapkan bahwa dampak negatif dari anak perusahaan baru HGI, Carrot General Insurance Company Limited, pada hasil konsolidasi HGI akan berkurang secara bertahap karena perusahaan asuransi digital terus membangun skala ekonomi.
HGI adalah perusahaan asuransi non-jiwa terbesar keenam di Korea Selatan, dengan pangsa pasar sekitar 7% dalam hal premi bruto yang ditulis pada tahun 2022, serta fokus bisnis pada asuransi jangka panjang. Peningkatan peringkat mempertimbangkan berbagai bentuk dukungan implisit dan eksplisit dari Hanwha Life, perusahaan asuransi jiwa terbesar kedua di negara ini dalam hal pendapatan premi, termasuk co-branding untuk meningkatkan sinergi operasional, distribusi produk, dan dukungan modal.
Tindakan pemeringkatan negatif dapat terjadi jika kapitalisasi yang disesuaikan dengan risiko HGI turun ke tingkat yang tidak lagi mendukung penilaian kekuatan neraca saat ini. Tindakan pemeringkatan negatif juga dapat terjadi jika ada penurunan tingkat dukungan dari Hanwha Life atau penurunan profil kreditnya yang tidak lagi memungkinkan untuk memberikan peningkatan peringkat kepada HGI.
Editor: Ahmad Aris
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News