Reliance Sekuritas: IHSG Mencoba Rebound

Media Asuransi – Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini diperkirakan bergerak konsolidasi mencoba rebound setelah terkoreksi pada perdagangan kemarin.

Head of Research Equity Technical Analyst PT Reliance Sekuritas Indonesia Tbk, Lanjar Nafi, mengatakan bahwa secara teknikal IHSG break out support MA5 di level 6.061 namun candlestick membentuk pola bullish candle bullish counter attack di akhir sesi. 

Baca juga: Infovesta: Pasar Saham dan SBN Masih Bergerak Fluktuatif

Dia menjelaskan indikator stochastic menjenuh dengan MACD yang masih memberikan signal pergerakan yang terkonsolidasi pada area middle oscillator. “Sehingga diperkirakan IHSG terkonsolidasi mencoba rebound di perdagangan selanjutnya dengan support resistance 6.006-6.080,” katanya melalui riset harian yang dikutip Media Asuransi, Rabu, 21 April 2021.

Menurutnya, saham-saham yang dapat dicermati secara teknikal di antaranya; ASII, BDMN, BJBR, HMSP, HRUM, MIKA, dan MNCN.

Baca juga: Chandra Asri dapat Fasilitas Green Loan US$13 Juta dari Bank Hana

Kemarin, IHSG (-0,23%) ditutup turun 14,22 poin ke level 6.038,32 dengan saham-saham di sektor keuangan (-0,915) dan pertambangan (-0,83%) memimpin pelemahan. Bank Indonesia memutuskan untuk mempertahankan tingkat suku bunga BI 7-Days Reverse Repo Rate di level 3,50% di tengah ekspektasi peningkatan inflasi pada bulan Ramadhan hingga libur Lebaran. 

“Bank Indonesia menyatakan perlu menjaga stabilitas nilai tukar rupiah dari dampak ketidak pastian pasar keuangan global meskipun tingkat inflasi dalam negeri masih rendah. Hal tersebut direspons positif di akhir sesi perdagangan hingga mampu sedikit memangkas pelemahan yang terjadi selama jam perdagangan.”

Baca juga: Reliance Sekuritas: IHSG Berpotensi Kembali Terkonsolidasi

Sementara itu, Mayoritas indeks saham Asia ditutup melemah. Indeks Nikkei (-1,97%), TOPIX (-1,55%) dan CSI300 (-0,07%) ditutup pada zona merah sedangkan indeks Hang Seng (+0,10%) bertahan tipis di zona hijau. Investor merefleksi adanya aksi profit taking di Wallstreet.

Adapun, Bursa Eropa mayoritas ditutup melemah. Indeks Eurostoxx (-0,47%), FTSE (-0,45%), DAX (-0,17%) dan CAC40 (-0,70%) turun dengan saham-saham produsen tembakau terpuruk setelah pemerintah AS sedang mempertimbangkan aturan baru untuk rokok. Selanjutnya investor akan terfokus pada laporan stok persediaan minyak di AS dan hasil pertemuan ECB pada kebijakan suku bunga. Aca