Sambut Keringanan PPnBM Mobil Baru, Tetap Cerdas Dalam Melindungi Kendaraan

Media Asuransi –  PT Asuransi Allianz Utama Indonesia menyambut baik kebijakan pemerintah mengenai relaksasi pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) untuk industri otomotif, khususnya pembelian mobil baru hingga 2.500 cc. “Namun, melakukan pembelian mobil tidaklah semudah yang dibayangkan karena kendaraan merupakan salah satu aset yang harus dilindungi. Mobil menjadi salah satu barang mewah yang perlu dirawat dan lindungi dengan baik. Jangan sampai ketika sudah mendapatkan keringanan PPnBM, tetapi justru tersandung biaya besar lain untuk kendaraan Anda karena tidak terlindungi,” kata Head of Claims Management Allianz Utama Indonesia. Ignatius Hendrawan, dalam keterangan resmi yang dikutip Media Asuransi, Selasa, 20 April 2021.

Baca juga: Allianz dan Gojek Perluas Manfaat Asuransi GoRide

Lebih lanjut Hendrawan mengatakan bahwa salah satu cara melindungi kendaraan  adalah dengan memiliki asuransi kendaraan. Selain dapat melindungi kendaraan Anda, asuransi kendaraan menjadi salah satu bentuk mitigasi risiko finansial.

Meski demikian, menurut Hendrawan, memilih asuransi mobil juga membutuhkan perhatian. Dengan beragam perusahaan asuransi mobil, kemudahan saat mengajukan aplikasi maupun klaim menjadi wawasan yang harus dimiliki calon pembeli. Calon pembeli produk asuransi kendaraan harus memahami kejelasan polis dengan baik karena banyak yang cenderung tidak membaca polis dengan benar. Ini penting supaya saat pengajuan klaim tidak mengalami kendala apalagi penolakan. Selain itu, jaringan bengkel yang luas serta proses klaim yang mudah juga harus menjadi pertimbangan Anda ketika melakukan pembelian produk asuransi mobil,” tambahnya.

Baca juga: Allianz Indonesia Dukung Kegiatan Get Plastic Learning Center

Hendrawan  menjelaskan, pemilik kendaraan pun harus memahami bahwa terdapat dua jenis asuransi mobil, yaitu all risk/comprehensive dan total loss only (TLO). Berikut penjelasan perbedaan produk asuransi all risk dan TLO yang perlu dipahami:

1.    Asuransi all risk / comprehensive

Asuransi jenis ini melindungi mobil lebih menyeluruh dari beragam kerusakan. Mulai dari kerusakan minor seperti baret halus dan penyok hingga kerusakan besar akibat bersenggolan atau tabrakan yang mengakibatkan bodi mobil berubah bentuk atau pencurian mobil. Semuanya dapat ditanggung oleh asuransi jenis ini sesuai dengan yang tertulis di dalam polis.

Asuransi all risk dapat juga mencakup tambahan perlindungan dari kemungkinan terkena bencana alam seperti banjir atau gempa, kerusakan mobil yang diakibatkan kerusuhan atau aksi huru hara, hingga tanggung jawab pihak ketiga bila penyebab kecelakaan mengakibatkan pengendara lain terluka. Pemilik kendaraan dapat meminta jaminan tambahan tersebut, saat membeli produk asuransi all risk.

Baca juga: Allianz Indonesia Dukung Penetrasi Asuransi di Indonesia Melalui Digitalisasi

2.   Asuransi total loss only (TLO)

Asuransi total loss only (TLO) merupakan asuransi yang memberikan perlindungan pada mobil dari risiko kehilangan akibat pencurian dan kecelakaan jika biaya perbaikan kerusakan diperkirakan sama dengan atau melebihi 75% dari harga kendaraan sesaaat sebelum kerugian. Kehilangan mobil akibat pencurian, maka asuransi akan menanggung kerugian atas kehilangan tersebut.

Namun, perlu diingat bahwa asuransi TLO tidak memberikan pertanggungan bila mobil mengalami kerusakan minor dengan biaya perbaikan kurang dari 75%. Kerusakan seperti bemper mobil penyok atau pencurian kaca spion tidak bisa mendapat ganti rugi jika tidak mencapai 75% dari harga kendaraan sesaaat sebelum kerugian,” paparnya. Wiek