1
1

MAPFRE Mempertahankan Peringkat 1 di Amerika Latin Pada Lini Bisnis NonLife

Grup MAPFRE adalah grup asuransi internasional terkemuka yang beroperasi di Amerika Latin. | Foto: mapfreinsurance.com

Media Asuransi, GLOBAL – Grup MAPFRE adalah grup asuransi internasional terkemuka yang beroperasi di Amerika Latin, dengan premi US$9,229 miliar dan pangsa pasar 5,3%. Informasi ini diambil dari laporan terbaru berjudul Ranking de Grupos Aseguradores en América Latina 2022 (Pemeringkatan Grup Asuransi 2022 di Amerika Latin), yang disiapkan oleh MAPFRE Economics dan diterbitkan oleh Fundación MAPFRE. 

Dilansir dari laman ffnews, peringkat keseluruhan dipimpin oleh dua grup asuransi terbesar di Brasil, meskipun operasi mereka terkonsentrasi secara eksklusif di negara Amerika Selatan tersebut. Industri ini terus menunjukkan momentum positif pasca pandemi, dan memperoleh manfaat dari kinerja kuat yang terlihat di dua pasar terbesar di kawasan ini, Brasil dan Meksiko, semuanya dalam konteks suku bunga yang lebih tinggi, penurunan inflasi, dan kinerja mata uang lokal yang baik.

Pasar Brasil, yang mewakili 34,8% dari seluruh premi asuransi di wilayah tersebut, tumbuh pada tingkat yang melebihi inflasi (16,5% diukur dalam mata uang lokal), juga mendapat manfaat dari kenaikan nilai real Brasil sebesar 4,3%. Sementara itu, di pasar Meksiko, yang mewakili 19,3% dari total premi di Amerika Latin, terdapat pertumbuhan sebesar 4,6% yang diukur dalam mata uang lokal, dengan nilai peso Meksiko meningkat sebesar 0,9% pada tahun 2022.

|Baca juga: MAPFRE Akuisisi Insignia Life Guna Dorong Pertumbuhan Asuransi Jiwa di Meksiko

Secara keseluruhan, pasar asuransi Amerika Latin mencatat total volume premi sebesar US$173,700 miliar pada tahun 2022, meningkat sebesar 15,9%. Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan angka US$153,100 miliar yang tercatat pada tahun 2019, yang menunjukkan pemulihan tren peningkatan yang dialami industri ini sebelum pandemi. 

Jika dipecah menjadi lini bisnis jiwa dan non jiwa, segmen jiwa menghasilkan angka sebesar US$73,500 miliar (15,3% lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya), dengan US$100,200 miliar tercatat pada segmen non- jiwa (16,4% lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya).

Pada tahun 2022, total pendapatan premi untuk 25 grup asuransi teratas di Amerika Latin adalah $107,900 miliar, 15,5% lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya. Jika fokusnya dikurangi menjadi 10 kelompok terbesar saja, maka tingkat pertumbuhan tahunannya adalah 13,5%.

Secara khusus, kinerja yang lebih kuat yang terlihat pada tahun 2022 untuk asuransi non-jiwa telah memungkinkan MAPFRE untuk mempertahankan dan memperluas posisi #1 dalam peringkat untuk segmen tersebut, dengan volume premi sebesar US$6,468 miliar dan pangsa pasar 6,5%:

Sebagaimana dirangkum oleh para ahli dari MAPFRE Economic Research, peningkatan terlihat pada lini bisnis non-life di pasar yang paling representatif, seperti Brazil (29.9%), Meksiko (8.6%), Puerto Rico (7.6%), dan Argentina (33,0%), telah mendorong pertumbuhan segmen pasar ini untuk grup asuransi seperti MAPFRE, Zurich, dan Allianz.

Meskipun semua perusahaan tersebut menghasilkan sekitar setengah pendapatan premi mereka dari lini bisnis non-Life di Brazil, hanya MAPFRE yang mampu mencapai pertumbuhan di atas tingkat yang terlihat pada pasar Brazil (29,9% dibandingkan tahun sebelumnya.

Secara total, 25 grup asuransi terbesar yang beroperasi di Amerika Latin, dan menawarkan asuransi di segmen non-jiwa, melaporkan pendapatan premi sebesar US$61,200 miliar pada tahun 2022, yang merupakan peningkatan 16,8% dibandingkan angka tahun sebelumnya sebesar US$52,400 miliar. 10 grup asuransi teratas di segmen non-jiwa juga mencatatkan angka yang lebih tinggi dibandingkan tahun 2021, dengan pendapatan premi sebesar US$36,800 miliar, meningkat sebesar 11,1%.

Editor: S. Edi Santosa

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Prudential Indonesia Apresiasi Nasabah
Next Post Indonesia Pimpin ASEAN Siapkan ASEAN Harmonised Tariff Nomenclature 2027

Member Login

or