Media Asuransi, JAKARTA – Dalam rangka memperingati Hari Ibu pada Desember ini dan sebagai wujud komitmen keberlanjutan dalam pemberdayaan perempuan di Indonesia, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) berkolaborasi bersama Supermom, platform data berbasis AI dengan komunitas digital terbesar di Asia untuk ibu dan wanita, menghadirkan Kelas ‘Financial Literacy through Project 1MPACT’.
Kegiatan ini terdiri dari empat sesi kelas yang dimulai kelas akhir November 2024 hingga awal tahun 2025 dan diadakan secara tatap muka maupun online, dengan target 5.000 peserta ibu-ibu dari berbagai wilayah di Indonesia.
Mengangkat tema “Ngobrol Santai Keuangan, Dana Darurat, dan Dana Pendidikan untuk Keluarga”, kegiatan ini menekankan pentingnya peran ibu dalam melengkapi diri dengan ilmu dan keahlian perencanaan keuangan untuk masa depan keluarga yang lebih baik. Melalui program ini, peserta juga diberikan pelatihan tentang bagaimana memperoleh penghasilan tambahan bagi kesejahteraan keluarga memanfaatkan platform digital.
|Baca juga: Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Lanjutkan Program Desa Maju Tahap Ketiga
Chief Customer & Marketing Prudential Indonesia, Karin Zulkarnaen, mengatakan bahwa ibu merupakan perancang masa depan keuangan keluarga yang berperan menentukan tujuan keuangan, merancang strategi menabung dan berinvestasi, serta membangun keamanan finansial bagi keluarga. “Komitmen kami untuk terus memberdayakan ibu-ibu di Indonesia melalui pengetahuan dan pelatihan terkait perencanaan keuangan keluarga, mulai dari mengelola keuangan sehari-hari, pentingnya dana darurat, dana pendidikan, asuransi, hingga investasi,” jelasnya.
Kegiatan ini sejalan dengan kehadiran 29 tahun Prudential di Indonesia, yang terus memperkuat komitmennya menjadi mitra dan pelindung terpercaya bagi generasi kini dan nanti dan sebagai wujud dukungan terhadap program GENCARKAN (Gerakan Nasional Cerdas Keuangan) dari OJK guna meningkatkan literasi keuangan dan asuransi secara merata di Indonesia bagi perempuan, termasuk para ibu. Pada tahun 2024 ini, Prudential Indonesia telah menjangkau lebih dari 550 ibu-ibu di berbagai wilayah di Indonesia dan secara keseluruhan telah menjangkau lebih dari 260.000 peserta baik perempuan, ibu, anak muda, guru, UMKM, dan komunitas disabilitas.
|Baca juga: Prudential Indonesia Gelar Literasi Keuangan Inklusif bagi Komunitas Disabilitas
Asisten Deputi Pengarusutamaan Gender Bidang Ekonomi, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia, Dewa Ayu Laksmi, menyatakan bahwa kegiatan ini sangat baik untuk meningkatkan pemahaman para ibu mengenai pengelolaan keuangan yang baik, sehingga mereka mampu memulai usaha, membangun UMKM, atau bekerja dari rumah sehingga memiliki penghasilan sendiri.
“Kolaborasi menjadi kunci, baik dengan OJK, lembaga keuangan, termasuk Prudential Indonesia. Perempuan tidak bisa bergerak sendiri. Harus bersama-sama menyuarakan, mengedukasi, dan maju bersama, gaung akan lebih terdengar sehingga dampak yang dihasilkan akan lebih besar. Hal ini diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan ekonomi dan isu-isu terkait perempuan secara lebih efektif,” ujar Dewa Ayu.
Country Director dari Supermom Indonesia, Hellen Katherina, menjelaskan bahwa pemerintah Indonesia memproyeksi pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia akan menembus angka US$228 miliar pada tahun 2027 dan menjadi salah satu kontributor terbesar di GDP Indonesia. “Dalam konteks tersebut, kami ingin memastikan bahwa para ibu di Indonesia bisa merasakan dampak positifnya secara langsung bagi kesejahteraan keluarga mereka,” jelasnya.
|Baca juga: Prudential Indonesia Dorong Program Pengembangan Anak Usia Dini di NTT
Sebagai informasi, Prudential Indonesia aktif dan konsisten menyebarkan literasi finansial di berbagai wilayah Indonesia. Pada tahun ini Prudential Indonesia telah menjangkau lebih dari 240.000 peserta baik perempuan dan ibu rumah tangga, anak-anak melalui program Cha-Ching, komunitas UMKM, pelajar, mahasiswa, dan kelompok disabilitas.
Ke depannya, program literasi finansial ini akan terus diimplementasikan secara berkelanjutan sehingga dapat menyebarkan dampak positif lebih besar untuk para perempuan Indonesia, karena ketika kita mengedukasi seorang perempuan, berarti kita bisa mengedukasi satu generasi.
Dengan adanya berbagai inovasi dan komitmen nyata dalam mendukung perlindungan kesehatan dan ketahanan finansial keluarga Indonesia, Prudential Indonesia berhasil memperoleh penghargaan sebagai Asuransi Keluarga Favorit Dan Asuransi Keluarga yang Paling Direkomendasikan di Indonesia dalam Supermom Brand Awards 2024, sebuah penghargaan merek oleh Supermom berdasarkan hasil survey dari 8.000 ibu dan wanita di Indonesia. Hal ini mengukuhkan posisi Prudential Indonesia sebagai asuransi jiwa terpercaya pilihan keluarga Indonesia.
“Kami berterima kasih atas kepercayaan keluarga Indonesia memilih Prudential Indonesia sebagai asuransi jiwa favorit dan rekomendasi keluarga. Kami berkomitmen untuk terus menginspirasi keluarga Indonesia hidup lebih aktif dan sehat, serta semakin tangguh secara finansial. Harapannya perempuan semakin berdaya dan dapat menjalankan peran pentingnya di dalam keluarga, tentunya dengan adanya perlindungan dan masa depan terbaik untuk diri dan keluarganya,” tutur Karin.
Editor: S. Edi Santosa
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

