1
1

Danamon Perkuat Edukasi Nasabah Antisipasi Maraknya Penipuan di Media Sosial

Ilustrasi jual beli barang melalui media sosial. | Foto: freepick

Media Asuransi, JAKARTA – PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN) atau Danamon meningkatkan upaya perlindungan nasabah terhadap ancaman penipuan berbasis media sosial yang kian meningkat lewat kampanye #JanganKasihCelah.

Melalui kampanye ini, Danamon berkomitmen membekali nasabahnya dengan pengetahuan untuk mengenali dan menghindari taktik penipuan terkini, melindungi data pribadi, serta mencegah akses tidak sah ke rekening bank.

|Baca juga: Protelindo dan Iforte Perpanjang Jatuh Tempo Pinjaman dari Bank Danamon

Chief Digital Officer Danamon, Andreas Kurniawan, menjelaskan beberapa modus operandi para penipu. “Mereka kerap membuat akun media sosial palsu yang sangat mirip dengan profil resmi perusahaan. Konten yang mereka posting dirancang sedemikian rupa hingga sulit dibedakan dari program perbankan yang sah, bahkan terkadang menyalahgunakan materi terbaru atau foto manajemen dari akun resmi,” katanya.

Andreas menambahkan bahwa penipu biasanya mengarahkan calon korban untuk mengklik tautan mencurigakan, meminta informasi sensitif dengan dalih prosedur klaim hadiah, dan bahkan menuntut transfer dana untuk biaya administrasi atau pajak hadiah yang seolah-olah diperlukan.

|Baca juga: DPK Danamon Naik 14% di Kuartal III/2024

“Kami mengimbau nasabah untuk selalu waspada saat berinteraksi di media sosial, dan jangan kasih celah penipuan yang meminta informasi pribadi atau rahasia kepada pihak yang tidak terverifikasi. Selalu lakukan verifikasi berlapis sebelum melakukan transaksi keuangan apapun untuk tutup celah bagi penipuan. Ingat untuk jangan kasih celah segala jenis penipuan, tutup celahnya, tutup peluangnya!” tegas Andreas dalam keterangan resminya, Jumat, 29 November 2024.

Danamon juga menegaskan kembali sejumlah rekomendasi perlindungan bagi nasabah, sebagai bagian dari upaya penjagaan ketat informasi sensitif, yaitu untuk melakukan verifikasi informasi melalui saluran resmi bank untuk memastikan keaslian informasi.
Apabila menerima informasi serupa yang bukan informasi resmi dan memiliki indikasi penipuan, segera laporkan, dan jangan melakukan tindakan apapun yang diminta untuk memastikan keamanan nasabah. “Nasabah juga diingatkan untuk sangat berhati-hati terhadap permintaan transfer ke rekening pribadi yang mengatasnamakan program hadiah perusahaan,” jelasnya.

Untuk memastikan keamanan komunikasi, Danamon mengingatkan nasabah bahwa seluruh interaksi resmi hanya dilakukan melalui saluran yang telah terverifikasi, termasuk call center Hello Danamon, WhatsApp resmi, dan akun media sosial yang telah diverifikasi. Nasabah diimbau untuk selalu memverifikasi keaslian akun sebelum melakukan interaksi apapun.

Editor: S. Edi Santosa

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Allianz Syariah & Maybank Indonesia Beri Bantuan Ambulans ke Dompet Dhuafa
Next Post PertaLife Insurance dan Pertamina Retail Kolaborasi Wellness Program

Member Login

or