1
1

Mau Keuangan Tetap Aman di Tanggal Tua? Simak Tips  dari Blu Digital

Ilustrasi pekerja sedang menerima gaji bulanan dari perusahaan. | Foto: ist

Media Asuransi, JAKARTA – Tanggal tua bagi kebanyakan orang ditandai dengan berkurangnya daya beli karena keuangan mulai menipis menjelang gajian.  Sobatblu, yuk upgrade ilmu manajemen keuanganmu biar tanggal tua bisa tetap have fun! Anda bisa mulai mengelola keuangan sehingga kebutuhan utama kamu bisa terpenuhi, tapi juga masih ada sisa untuk kebutuhan tersier. Kuncinya adalah memahami bagaimana mengelola keuangan dengan baik. Sayangnya, masih banyak orang yang belum tahu bagaimana caranya.

Head of Marketing Communications BCA Digital, Duardi Prihandiko, menyampaikan bahwa kemampuan mengelola keuangan menjadi salah satu kemampuan yang perlu untuk dimiliki oleh setiap orang. blu by BCA Digital sebagai financial buddy, selalu #SiapJadiPegangan sobatblu dalam mengelola keuangan serta memberikan kemudahan bagi sobatblu dalam melakukan berbagai transaksi perbankan.

|Baca juga: blu by BCA Digital Rayakan Hari Pelanggan Nasional

“Sobatblu bisa memanfaatkan berbagai fitur yang dihadirkan blu seperti bluSavings untuk menabung, bluInvest untuk berinvestasi, serta bluInsurance yang siap memberikan proteksi bagi sobatblu,” ujarnya di Jakarta, Selasa, 17 Oktober 2023.

Mari kita mulai dengan menetapkan tujuan keuangan kita sebagai langkah awal untuk meraih financial goals, dengan berani mulai dari dari hal kecil. Sebagai financial buddy Anda, blu by BCA Digital senantiasa #SiapJadiPegangan dalam membantu kamu mengambil Langkah pertama menuju kemandirian keuangan.

Berdasarkan survei terbuka yang diselenggarakan blu by BCA Digital di bulan Agustus tahun 2021 lalu terhadap responden usia 18 sampai dengan 34 tahun, 61 persen responden mengaku telah familiar dengan topik manajemen keuangan. Namun, mereka tidak bisa menjelaskan atau mempraktikkan pengelolaan keuangan yang baik dalam keseharian mereka. Selain itu, survei yang sama juga menemukan bahwa 34 persen dari responden malah bingung dan belum memahami cara mengatur keuangan.

Padahal sesungguhnya tidak sulit untuk mengelola keuangan. Asal kita berani mulai dari hal yang paling simpel!

Caranya gimana? Dengan menetapkan tujuan keuangan kita dulu. Kenapa begitu? Karena tujuan keuangan inilah yang akan menjadi motivasi utama kita dalam mengelola keuangan. Untuk menetapkan tujuan keuangan ini, Anda bisa mengikuti prinsip SMART, yaitu (S)pecific, (M)easurable, (A)chievable, (R)elevant dan (T)ime-bound.

Berikut adalah tips menetapkan tujuan keuangan Anda:

1. Specific

Kamu harus spesifik dalam menetapkan tujuan keuangan Anda  karena kalau kurang spesifik, maka Anda tidak akan cukup fokus untuk mencapai tujuan keuangan. Misalnya ingin beli rumah di Depok dengan luas tanah mencapai 100-250 m2 dalam 5 tahun ke depan.

2. Measurable

Pastikan upaya untuk mencapai tujuan keuangan itu terukur dengan menetapkan besaran uang dan waktu yang diperlukan untuk mencapai tujuan keuangan itu. Misalnya dengan mempertanyakan berapa banyak uang yang dibutuhkan dan butuh berapa lama untuk mengumpulkannya.

3. Achievable

Turunkan tujuan keuangan Anda menjadi rencana kerja atau action plan. Rencana kerja ini akan meliputi langkah-langkah konkrit yang terjangkau ini bisa Anda lakukan demi mencapai tujuan keuanganmu. Dengan demikian, Anda tinggal mengikuti saja rencana kerja yang telah kamu buat ini.

4. Relevant

Pastikan tujuan keuangan Anda relevan untuk ke depannya. Beberapa pertanyaan yang bisa ditanyakan pada diri sendiri antara lain adalah (1) seberapa penting tujuan keuangan Anda  ini buat kehidupanmu? (2) Apakah ada alternatif lain? (3) Seberapa skeptis kita bisa mencapai tujuan keuanganmu ini?

5. Time-bound

Tentukan target berapa lama yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan keuanganmu ini. Apakah jangka pendek, menengah atau jangka Panjang? Berapa lama tujuan keuangan jangka pendek? Apakah 1 sampai dengan 3 tahun? Bagaimana dengan jangka Panjang? Apakah 5 sampai dengan 10 tahun?

 

Editor: S. Edi Santosa

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post KAI: Jalur Rel Wates-Sentolo Tak Dapat Dilakukan Akibat Anjloknya KA Semeru dan KA Argo Wilis
Next Post Kunjungan Wisman ke Indonesia Sudah Melampaui Target

Member Login

or