Media Asuransi, JAKARTA – PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) CIMB Niaga menjadikan inovasi dan customer centricity sebagai fokus dalam pengembangan digital. Sekitar 90 persen dari total transaksi finansial nasabah CIMB Niaga per kuartal III/2024, telah dilakukan melalui layanan branchless banking.
Presiden Direktur CIMB Niaga, Lani Darmawan mengatakan, bahwa layanan branchless banking yang dimiliki perseroan meliputi seperti OCTO Mobile, OCTO Clicks, Bizchannel@CIMB, ATM (Automated Teller Machines), dan OCTO Pay (e-money). Selain itu, CIMB Niaga juga menghadirkan digital experience melalui model Digital Branch yang unik, yang memadukan fitur Cabang Konvensional dan Digital Lounge.
|Baca juga: Bank CIMB Niaga (BNGA) Patok Harga Private Placement Rp1.575 per Saham
“Untuk mendorong adopsi digital di kantor cabang lainnya, CIMB Niaga juga memperkenalkan Digital Hub yang dilengkapi mesin Self Service Banking dan Self Service Tablet untuk mempercepat layanan kepada nasabah,” kata Lani dalam keterangan resmi yang dikutip Kamis, 31 Oktober 2024.
Dia jelaskan, konsep cabang ini menawarkan pengalaman perbankan yang komprehensif dan serba digital, dengan tetap mempertahankan sentuhan layanan personal yang ramah khas CIMB Niaga. Hingga 30 September 2024, konsep ini telah diimplementasikan di 29 kantor cabang, terdiri dari 16 Digital Branch dan 13 Digital Hub.
Integrasi dari layanan digital di kantor cabang ini telah meningkatkan customer experience secara signifikan, karena 83 persen dari pembukaan tabungan, penggantian kartu dan proses pengkinian/maintenance Customer Information File (CIF) dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari lima menit melalui Digital Hub.
Menurut Lani, OCTO Mobile, aplikasi mobile banking, terus mempelopori gerakan mobile-first dalam bertransaksi, investasi dan layanan yang seamless. Fitur utama pendukung kebutuhan bertransaksi meliputi transfer (termasuk BI-Fast), e-Wallet dan pembayaran QRIS. “Belum lama ini, CIMB Niaga telah menambahkan berbagai pilihan pembayaran dan layanan lainnya, termasuk menambahkan fitur pengisian ulang uang elektronik berbasis kartu,” tuturnya.
|Baca juga: CIMB Niaga Syariah Targetkan Nilai Transaksi Haya Festival 2024 Capai Rp2,5 Triliun
CIMB Niaga juga telah memperkenalkan #GetWealthSoon, inisiatif investasi digital melalui OCTO Mobile dan OCTO Clicks, yang menargetkan para generasi muda yang digital savvy. #GetWealthSoon menawarkan berbagai produk investasi melalui kanal digital, termasuk reksa dana, obligasi (SBN Ritel dan sekunder), dan deposito berjangka. Nasabah dapat memonitor semua portofolio serta performa investasi melalui Wealth dashboard yang komprehensif di OCTO Mobile dan OCTO Clicks.
Selain itu, pengguna OCTO Mobile juga dapat menikmati kemudahan untuk membukan rekening FX dengan 15 pilihan kurs asing, termasuk Won Korea dan Ringgit Malaysia. OCTO Mobile terus menambah sejumlah layanan baru, seperti kemudahan untuk mengajukan pinjaman atau aplikasi kartu kredit melalui channel digital.
Sementara itu, OCTO Clicks, layanan internet banking difokuskan untuk melayani nasabah high-valued kami dalam memenuhi berbagai transaksi yang bersifat kompleks dan massal, termasuk transfer, pembayaran tagihan, pembelian, top-up serta jual/beli emas yang bekerja sama dengan Pegadaian.
Lani menjelaskan bahwa untuk mendukung pertumbuhan bisnis, CIMB Niaga terus meningkatkan customer experience dengan menawarkan berbagai produk dan layanan yang komprehensif melalui 404 cabang dan jaringan (termasuk 36 digital lounge). Per 30 September 2024, jaringan CIMB Niaga secara nasional didukung oleh 3.405 ATM (termasuk Cash Remittance Machine and Multidenom Deposit Machine) dan 598.334 EDC, QR dan e-Commerce.
Editor: S. Edi Santosa
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News