Media Asuransi, JAKARTA – Dalam era globalisasi dan digitalisasi yang kian dinamis, inklusi finansial menjadi salah satu kunci untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Bank DBS Indonesia juga terus berupa mendorong masyarakat makin bankable.
Upaya yang dilakukan Bank DBS Indonesia untuk mencapai target inklusi keuangan 2024 yang dicanangkan OJK naik menjadi 90 persen, dengan:
Melalui pilar keberlanjutan Bank DBS Indonesia yang pertama dan ketiga, yakni Responsible Banking yang menitikberatkan upaya bank menghadirkan produk perbankan yang inklusif dan bertanggung jawab serta Impact Beyond Banking, yakni bank fokus untuk berkontribusi secara positif bagi masyarakat luas.
|Baca juga: DBS Foundation Hibahkan Rp8,2 Miliar untuk 4 UKM di Indonesia
Bank DBS Indonesia memiliki program ‘Kedai Belajar’ yang melibatkan karyawan sebagai sukarelawan untuk memberikan edukasi literasi finansial kepada komunitas Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan masyarakat marjinal di beberapa kota.
Memperluas akses finansial kepada segmen masyarakat unbanked yang sebelumnya terpinggirkan. Selama beberapa tahun terakhir, Bank DBS Indonesia telah menggandeng pemain ekosistem lain seperti platform fintech untuk menjangkau kalangan masyarakat lebih luas, di antaranya adalah Kredivo, Home Credit Indonesia, serta baru-baru ini dengan Adapundi dan Indodana.
Bank DBS Indonesia juga melakukan pemanfaatan teknologi untuk memperluas akses perbankan melalui digibank by DBS, aplikasi perbankan digital yang memungkinkan nasabah menggunakan layanan perbankan dalam satu genggaman melalui telepon selular.
|Baca juga: Bank DBS Indonesia Dukung Pertumbuhan Sektor Otomotif di Indonesia
Democratizing Wealth atau mendemokratisasi akses kepada layanan investasi melalui pilihan produk yang beragam. Salah satu contohnya adalah nasabah dapat membeli produk investasi dengan nilai yang rendah mulai dari Rp100.000 untuk produk reksa dana dan mulai dari Rp1.000.000 untuk produk obligasi sekunder.
Bank DBS Indonesia pun berkomitmen memudahkan masyarakat yang menginginkan opsi produk perbankan yang lebih mendukung gerakan ramah lingkungan melalui fitur LiveBetter.
Fitur ini memungkinkan nasabah mendapatkan tips akan gaya hidup keberlanjutan (sustainable lifestyle) sembari berinvestasi pada produk berbasis Environment, Social, and Governance (ESG). LiveBetter dan seluruh produk perbankan Bank DBS Indonesia dapat diakses kapan saja dan di mana saja melalui satu aplikasi digibank by DBS.
Editor: S. Edi Santosa
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News