1
1

43% Karyawan Allianz Group, Adalah Perempuan

Direktur Legal & Compliance Allianz Life Indonesia, Hasinah Jusuf. | Foto: allianz.co.id

Media Asuransi, JAKARTA – Dalam  dunia kerja, menurut hasil riset Talentics (2023), kaum perempuan yang menempati posisi manajerial dan kepemimpinan baru sekitar 27 persen. Namun, hasil riset menyebutkan bahwa perempuan memiliki performa lebih baik dibandingkan kaum laki-laki dalam meniti karier menuju posisi manajerial.

Menanggapi keberadaan kaum perempuan berkarier di industri keuangan terutama di industri perasuransian, Direktur Legal & Compliance Allianz Life Indonesia, Hasinah Jusuf, mengatakan bahwa saat ini, kiprah perempuan di industri perasuransian menunjukkan peningkatan yang cukup baik dan semakin berkembang. Saat ini semakin terbuka kesempatan yang luas bagi seluruh perempuan yang memiliki kapabilitas dan kualitas yang baik untuk berperan secara strategis dan bahkan menjadi pemimpin baik di perusahaan, lembaga, maupun di masyarakat.

Menurutnya, industri keuangan kerap menjadi suatu industri yang menuntut setiap orang untuk bekerja secara disiplin, kuat, dan tangguh atas dinamisnya pergerakan ekonomi dan berbagai disrupsi yang terjadi.

|Baca juga: Allianz Bersinergi dengan GIFT dan doctorSHARE untuk Pelayanan Kesehatan di Pulau-Pulau Terpencil

Hasinah melihat bahwa perempuan yang telah menunjukkan kiprahnya sebagai seorang leader di industri ini merupakan sosok-sosok yang berhasil membuktikan kemampuan untuk memberikan yang terbaik dalam pekerjaan serta pencapaian karier, dengan kemampuannya dan keahlian yang diterapkan pada lingkungan kerja sebaik-baiknya.

“Harapannya, peluang perempuan sebagai pemimpin semakin terbuka lebar di berbagai industri lainnya, khususnya industri keuangan dan asuransi,” katanya kepada Media Asuransi.

Dia mengatakan bahwa dari data yang dimiliki oleh Allianz Group, 43 persen karyawan Allianz di seluruh dunia adalah perempuan. Hal ini tentunya menjadi cerminan makin terbukanya kesetaraan dan kesempatan yang semakin luas bagi kaum perempuan untuk dapat berpartisipasi dan turut mengembangkan industri asuransi  sesuai pengalaman dan keahlian masing-masing. “Di Allianz Indonesia, jumlah karyawan perempuan dan laki-laki hampir seimbang, dan Allianz memiliki komitmen untuk menerapkan kesetaraan jumlah penghasilan antara lelaki dan perempuan sesuai keahlian dan pengalaman yang dimiliki,” ujarnya.

Hal ini, lanjut Hasinah, merupakan bukti nyata penerapan nilai kesetaraan yang menjadi bagian dari value perusahaan dengan memberikan kesempatan pekerjaan dan tantangan yang sama tanpa melihat perbedaan gender.

Saat ini, menurutnya, terutama di kota-kota besar, kita melihat perubahan pandangan ke arah yang lebih positif. Stigma-stigma yang dulu menjadi pembeda antara kaum laki-laki dan kaum perempuan semakin memudar dan tidak lagi dijadikan halangan bagi kaum perempuan untuk menepati posisi-posisi tertentu dalam pekerjaan maupun dalam masyarakat.

Oleh karena itu, Hasinah menambahkan bahwa saat ini kaum perempuan memiliki kewajiban untuk menjaga dan memaknai perkembangan positif ini dengan memberikan potensi terbaiknya dari setiap bidang yang menjadi tanggung jawabnya. Selain itu, membantu kaum perempuan lainnya untuk menyiapkan diri agar mampu bersaing, berkembang, dan berkarya menjadi versi terbaiknya.

|Baca juga: Allianz Syariah Tawarkan AlliSya LegacyMax untuk Generasi Muda Persiapkan Warisan Sejak Dini

Peringatan Hari Kartini dan Women’s Day setiap tahun, menurut Hasinah menjadi momentum penting yang sangat berpengaruh bagi saya untuk kembali merefleksikan kesempatan yang telah diperoleh sekaligus mengukur milestone yang telah diraih selama ini sebagai seorang perempuan, seorang ibu dan juga seorang pemimpin.

“Berkaca pada perjuangan Ibu Kartini yang berani memperjuangkan hak-hak perempuan untuk berkarya, berpendapat, dan menunjukkan kapabilitas perempuan, mengingatkan saya pribadi untuk selalu meningkatkan kualitas diri untuk memberikan dampak positif, berdaya juang tinggi, dan keyakinan akan kemampuan diri dalam mengelola dan memimpin lingkungan kerja saya di Allianz,” tuturnya.

Hal yang juga penting bagi dirinya, adalah keseimbangan porsi dan peran dalam pekerjaan dan keluarga. Sekeras apapun kita bekerja, tentu saja kesuksesan yang diraih tidak lepas dari peran support system yang utama yaitu keluarga dan segala pencapaian yang telah saya peroleh tidak melupakan peran saya sebagai perempuan dan ibu.

Hasinah menjelaskan bahwa Allianz memiliki komitmen untuk menjaga keseimbangan kesempatan kesetaraan hak antara lelaki dan perempuan. Contohnya, untuk perempuan yang baru melahirkan diberi cuti lebih panjang, yakni selama empat bulan. Begitu pula laki-laki yang istrinya melahirkan diberi cuti selama satu bulan, agar dapat berperan membantu sang istri mengurus anak. “Hal ini merupakan sebuah kebanggaan bagi kami, karena tidak semua perusahaan memiliki kebijakan yang sama,” ungkapnya.

Hasinah melanjutkan, hal lain yang tak kalah penting adalah perlindungan terhadap kesetaraan dengan disahkannya Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual. Allianz secara grup telah menerapkan anti-harassment policy, perusahaan sangat tegas memberlakukan kebijakan ini untuk memberikan perlindungan terhadap karyawan dari kemungkinan terjadinya harassment di lingkungan kerja.

Hasinah mengatakan bahwa meski peluang dan kesempatan yang diterima perempuan dalam dunia kerja sudah semakin terbuka lebar, hak-hak dalam berkarya dan mendapatkan keadilan perlu selalu dilihat kembali dan ditingkatkan.

Selain itu, katanya, di era modern yang telah dilengkapi dengan berbagai kecanggihan teknologi, perusahaan perlu selalu memastikan penerapan kesempatan dan porsi yang dapat diterima oleh perempuan untuk dapat ikut serta memaksimalkan kemajuan perusahaan, juga melakukan pencapaian-pencapaian diri. Kesempatan perempuan untuk dapat berkontribusi di segala bidang ini dapat mendorong banyaknya perempuan yang semakin berdaya di segala ranah kerja di kemudian hari.

Editor: S. Edi Santosa

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Ini Kompensasi Bagi Penumpang Jika Pesawat Delay
Next Post Mau Cari Cuan? Ini 7 Strategi Bermain Investasi Saham untuk Pemula

Member Login

or