AKR Corporindo (AKRA) Catatkan Kenaikan Laba Bersih 30 Persen

Media Asuransi – PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) berhasil mencatatkan laba bersih sebesar Rp925 miliar pada 2020, angka tersebut lebih besar 30 persen dibanding realisasi tahun 2019 sebesar Rp714 miliar. Peningkatan laba bersih ini sejalan dengan bertumbuhnya laba usaha perseroan mencapai 15 persen menjadi Rp1,25 triliun. Kenaikan juga ditopang atas pertumbuhan arus kas operasi sebanyak 62 persen menjadi Rp1,06 triliun.

Presiden Direktur AKR Corporindo Haryanto Adikoesoemo mengatakan, perseroan berhasil mencatatkan kinerja baik di tengah periode yang penuh tantangan di tahun 2020 ini. Hal ini menunjukan model bisnis perseroan yang kuat memberikan kinerja yang konsisten.

“Investasi kami dalam fasilitas penyimpanan di pelabuhan utama, jaringan logistik, dan platform TI memungkinkan kami mengirimkan produk ke pelanggan tepat waktu, tanpa gangguan. Dengan efisiensi operasional kami, kami meningkatkan Marjin Operasi kami pada tahun 2020 menjadi 7,1 persen, dan Marjin Bersih kami menjadi 5,2 persen,” kata Haryanto dalam keterangan tertulisnya dikutip Media Asuransi di Jakarta, Kamis 25 Maret 2021.

Baca Juga:

Haryanto menambahkan, perseroan telah menginvestasikan Rp7 triliun dalam 5 tahun terakhir untuk mendukung peningkatan infrastruktur logistik dan konektivitas Indonesia. Investasi ini termasuk Java Integrated Industrial Port Estate (JIIPE) yang telah memberikan kontribusi bagi profitabilitas perseroan. Pengembalian investasi ini dipercaya akan mendukung pertumbuhan laba dua digit bagi perusahaan di masa depan.

“JIIPE menawarkan banyak keuntungan unik seperti pelabuhan laut dalam, utilitas dan layanan satu pintu, serta ketersediaan izin dan lisensi. Bersama dengan status KEK dan UU Cipta Kerja, JIIPE akan menarik banyak investor,” katanya.

Haryanto menambahkan “Kami telah membukukan penjualan tanah seluas 14 ha pada Maret 2021. Hal ini akan secara signifikan meningkatkan profitabilitas Q1 2021 kami. AKR telah membayar dividen secara teratur dan sehat kepada pemegang sahamnya untuk menghargai dukungan mereka, dan ini akan berlanjut di masa depan juga,” pungkasnya. One