Rukun Raharja & Pertagas Jajaki Kerja Sama Senilai US$ 300,62 juta

Media Asuransi – PT Rukun Raharja Tbk (RAJA) menjajaki kerja sama dengan PT Pertamina Gas (Pertagas) untuk pembangunan serta pengoperasian pipa minyak bumi koridor Balam-Bangko-Dumai dan koridor Minas-Duri-Dumai, wilayah kerja Rokan senilai US$ 300,62 juta. 

Manajemen PT Rukun Raharja Tbk (RAJA) mengatakan perseroan dan Pertagas akan berbagi kontribusi dalam investasi tersebut. Perseroan akan berkontribusi sebesar 25 persen atau senilai US$ 75,15 juta. Sementara sisanya sebesar 75 persen akan ditanggung oleh Pertagas. 

“Perseroan berkomitmen mengucurkan US$ 75,15 juta, anggaran tersebut 62 persen diantaranya akan dialokasikan dari total ekuitas perseroan sebesar US$ 121,08 juta per 30 September 2020. Dengan begitu, transaksi dalam kerja sama ini masuk dalam kategori material,” kata Manajemen dalam keterbukaan informasi kepada Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Jumat, 19 Maret 2021.

Baca Juga: 

Menurut Manajemen, kerja sama ini sejalan dengan rencana perseroan yang akan mengembangkan usaha dan melakukan ekspansi usaha di bidang pengangkutan minyak dan gas bumi melalui pipa sehingga dapat memberikan manfaat khususnya kepada seluruh pemegang saham perseroan. “Perseroan mengharapkan kerjasama dengan Pertagas bisa memberikan manfaat secara umum kepada masyarakat,” katanya. 

Diakui Manajemen, setelah transaksi menjadi efektif,  perseroan memproyeksikan akan dapat meningkatkan kinerja perseroan. Perseroan juga optimistis kerja sama ini juga dapat meningkatkan laba di masa mendatang dan menjadi daya tarik bagi para investor lainnya. 

“Untuk memuluskan rencana tersebut, perseroan akan meminta persetujuan dari para pemegang saham melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), yang dijadwalkan pada 27 April 2021 mendatang,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, Pertagas ditunjuk oleh PT Pertamina untuk melaksanakan pembangunan dan pengoperasian pipa Blok Rokan milik Pertamina dan PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) atau PGN pada 2019. Berdasarkan persetujuan internal, investasi pembangunan pipa minyak koridor Balam-Bangko-Dumai dan Koridor Minas-Duri-Dumai akan sepanjang 352,43 km dan terdiri dari 12 segmen dan station 3 segmen termasuk fasilitas-fasilitas pendukungnya. 

Pada investasi ini, Pertagas dibolehkan melakukan pendanaan eksternal sebesar 25 persen. Oleh karena itu, Pertagas melakukan kerja sama dengan Rukun Raharja yang akan menjadi mitra strategis Pertagas dalam proyek pipa Rokan.  Kedua perseruahaan akan berbagi kontribusi terhadap nilai investasi, resiko dan keuntungan. Rukun Raharja dan Pertagas telah menandatangani kerja sama operasi pada 21 Oktober 2020. One