Media Asuransi – PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance) bersama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) menggelar Festival Kreatif Lokal (FKL) untuk kedua kalinya. FKL tahun ini mengangkat tema ‘Tumbuh Bersama Sahabat’. Tema ini menjadi motivasi agar para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) tumbuh bersama melalui kolaborasi, dan menunjukkan semangat terus maju di tengah pandemi Covid-19.
FKL 2021 memfokuskan pada Pertumbuhan UKM di 5 Destinasi Super Prioritas Pariwisata Indonesia, akan berlangsung hingga November nanti. Kegiatan yang konsisten diadakan setiap tahun ini, merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) Adira Finance untuk Indonesia, khususnya Sahabat Lokal yang fokus terhadap pemberdayaan sektor pariwisata, budaya, kearifan lokal, dan UMKM.
Direktur Utama Adira Finance, Hafid Hadeli, menjelaskan bahwa Festival Kreatif Lokal 2021 merupakan salah satu rangkaian kegiatan HUT ke-31 Adira Finance. “Melalui kegiatan ini, kami mendukung upaya pemerintah, khususnya Kemenparekraf RI, dalam memajukan UMKM sektor ekonomi kreatif agar bersama-sama tumbuh membangun perekonomian di tengah masa pandemi,” kata Hafid saat grand launching Festival Kreatif Lokal 2021, di Jakarta, Rabu, 1 September 2021.
|Baca juga: Adira Finance Gandeng OVO untuk Tingkatkan Kenyamanan Bertransaksi Digital
Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan bahwa Kemenparekraf RI mengapresiasi konsistensi Adira Finance yang terus mendukung pelaku UKM di sektor pariwisata melalui Festival Kreatif Lokal 2021. “Gelaran Festival Kreatif Lokal 2021 bukti konsistensi dan kepedulian Adira Finance terhadap pelaku UKM di sektor pariwisata. Lebih utama lagi, Festival Kreatif Lokal 2021 menjadi modal bagi pelaku UKM di lima Destinasi Super Prioritas untuk tumbuh dan menunjukkan semangat terus maju di tengah tantangan,” kata Sandiaga secara daring di Gedung Sapta Pesona, Kemenparekraf RI.
Menurut Sandiaga, Festival Kreatif Lokal 2021 menjadi peluang untuk meningkatkan kapasitas UKM dalam beradaptasi serta berinovasi terhadap perkembangan dunia usaha, terutama pada industri pariwisata. Selain sebagai modal untuk tumbuh, Festival Kreatif Lokal 2021 juga bermanfaat bagi pelaku UKM dalam mendapatkan pelatihan karena menggunakan metode practical, sehingga dapat diterapkan langsung dalam bisnis UKM. Hal ini menjadi peluang besar bagi UKM dalam memaksimalkan potensi usaha ke depannya.
“Festival Kreatif Lokal 2021 sejalan dengan program Kemenparekraf RI dalam menggerakkan kembali roda perekonomian di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia, serta merupakan langkah nyata berkelanjutan yang dilakukan Adira Finance. Ini sebagai contoh kolaborasi yang baik di mana pihak swasta turut membantu kemajuan UKM di lima Destinasi Super Prioritas Pariwisata Indonesia,” lanjut Sandiaga.
|Baca juga: Adira Finance Memperoleh Fasilitas Pinjaman Sindikasi 300 Juta Dolar AS
Hafid menambahkan, Festival Kreatif Lokal 2021 terdiri dari beberapa kegiatan yang meliputi: Grand Launching Festival Kreatif Lokal 2021, Kreatif Lokal Award 2021, dan Malam Gebyar Adira Kreasi 2021 puncak acaranya akan diselenggarakan bertepatan dengan HUT ke-31 Adira Finance November mendatang bertempat di Candi Borobudur, Jawa Tengah,” paparnya.
Festival Kreatif Lokal 2021, lanjut Hafid, merupakan wujud komitmen Adira Finance untuk mendukung pengembangan ekonomi kreatif melalui program Kemenparekraf RI #BeliKreatifLokal dan Bangga Buatan Indonesia, khususnya bagi pelaku UMKM di 5 Destinasi Super Prioritas Pariwisata Indonesia, yakni Danau Toba, Sumatera Utara; Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur; Borobudur, Jawa Tengah; Likupang, Sulawesi Utara, dan Mandalika, Nusa Tenggara Barat.
“Sesuai dengan janji brand ‘Sahabat Setia Selamanya’, Adira Finance hadir bagi UKM yang ingin tumbuh. Kami berharap Festival Kreatif Lokal 2021 dapat menjadi momentum mengubah pola pikir UKM dari fix mindset to growth mindset dan membuka peluang produk berkualitas UKM Indonesia berkembang ke internasional,” kata Hafid.
Dalam acara ini, Zurich melalui salah satu anak usahanya, PT Asuransi Adira Dinamika Tbk (Adira Insurance) juga terus mendukung FKL 2021 yang sejalan dengan komitmen Zurich untuk mendukung perkembangan perekonomian Indonesia dan industri asuransi pada khususnya.
Direktur Adira Insurance, Wayan Pariama, mengatakan bahwa Zurich sangat bangga dapat mendukung Festival Kreatif Lokal yang bertujuan untuk membuka peluang baru bagi para UMKM. “Kami yakin kegiatan ini mampu mendorong pertumbuhan dan meningkatkan daya saing UMKM sehingga akan berdampak positif bagi perekonomian secara keseluruhan. Tentu saja Zurich akan hadir bagi pelaku UMKM untuk memberikan edukasi mengenai pentingnya perlindungan dalam menjalankan usaha. Tidak hanya perlindungan atas aset usaha, namun juga perlindungan untuk diri sendiri, keluarga, hingga karyawan, yang tentunya sangat berpengaruh jalannya usaha tersebut,” ungkap Wayan. Wiek
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News