Raih Tender, Wijaya Karya Beton (WTON) Ekspor Perdana Spun Pile ke Taiwan

Media Asuransi – PT Citra Lautan Teduh (CLT), anak usaha PT Wijaya Karya Beton Tbk (WTON),  berhasil mencatatkan ekspor perdana tiang pancang atau spun pile dengan diameter 300 mm dan panjang 8 meter ke Taiwan. Produk ini akan digunakan dalam proyek infrastruktur yang sedang digalakkan oleh Pemerintah Taiwan.

Sekretaris Perusahaan Wijaya Karya Beton Yuherni Sisdwi R mengatakan dalam tender yang dilakukan oleh pemerintah Taiwan diikuti oleh berbagai negara di Asia di antaranya ada Vietnam dan Malaysia yang dilangsungkan sejak awal tahun 2021. Perseroan berhasil menjadi pemenang dalam tender tersebut.

“Perseroan berhasil memenangi tender setelah bersaing dengan sejumlah eksportir dari negara lain di Asia Tenggara, seperti Vietnam dan Malaysia, sejak awal 2021. Ini merupakan awal yang baik bagi perseroan dan produk Indonesia bisa bersaing dengan produk negara lain,” kata Yuherni dalam keterbukaan Informasi kepada Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Rabu 24 Maret 2021.

Baca Juga:

Setelah dimenangkannya tender tersebut, lanjut Yuherni, perseroan akan langsung melakukan ekspor atas produk tiang pancang atau spun pile dengan diameter 300 mm dan panjang 8 meter ke Taiwan. Sekaligus perseroan juga akan secara langsung melakukan tes pile kepada produk yang dikirimkan.

“Tes pile ini perlu dilakukan untuk memastikan kesesuaian syarat dan spesifikasi produk dengan kebutuhan proyek. Setelah lolos tes pile produk, maka Wika Beton melalui CLT akan mendapatkan kontrak penuh untuk proyek tersebut,” katanya.

Menurut Yuherni, salah satu alasan terkuat pemenangan CLT pada tender ini adalah besaran kapasitas produksi yang terjamin. Kegiatan ekspor produk CLT ini merupakan salah satu perwujudan visi perseroan untuk menjadi perusahaan terkemuka dalam bidang engineering, production, installation (EPI) industri beton di Asia Tenggara.

“Produk ini merupakan salah satu material tiang pancang yang digunakan untuk konstruksi pondasi alam. Tiang pancang digunakan untuk berbagai macam bangunan seperti gedung, pelabuhan, jembatan, tangki minyak, dan bangunan lainnya,” jelasnya.

Sebagai informasi, CLT merupakan entitas anak Wika Beton yang bergerak di bidang usaha pabrikasi tiang pancang beton putar pra-tekan atau pre-tensioned centrifugal precast concrete piles yang didirikan di Batam pada 23 Agustus 1990. Dalam perjalanan bisnisnya, Wika Beton tercatat mengakuisisi 90 persen saham CLT pada 12 September 2014 dan dilanjutkan pada 5 Desember 2014, sehingga kepemilikan saham CLT oleh perseroan meningkat  menjadi sebesar 99,50 persen. One