Media Asuransi, GLOBAL – Direktur Kejahatan Finansial dan Penipuan Asuransi PwC Glen Marr berbagi tips tentang tantangan industri asuransi dan bagaimana masyarakat dapat memitigasi penipuan dengan lebih baik.
Wawasan PwC tersebut menyoroti pentingnya memanfaatkan teknologi, menilai kembali strategi, dan beradaptasi dengan era digital untuk memerangi aktivitas penipuan secara efektif. Banyak dari hal ini yang sudah berjalan seperti yang ditunjukkan oleh statistik dalam laporan PwC.
“Salah satu tantangan utama dalam mitigasi penipuan asuransi adalah ketergantungan pada sistem teknologi lama,” menurut PwC dikutip dari laman Ffnews.com, Rabu, 22 Mei 2024.
|Baca juga: ABM Investama Berencana Bagi Dividen Tunai Rp812,18 Miliar
Menurut PwC hal itu memiliki efek ganda yaitu memberikan layanan yang lebih lambat dan inovasi yang mandek, dengan sistem yang sudah usang sering menghabiskan sebanyak 70-80 persen dari anggaran TI. Dengan kata lain, sistem yang sudah ketinggalan zaman dan berlapis-lapis ini membuat integrasi solusi baru menjadi rumit dan lambat.
Tantangan utama lainnya yang dihadapi perusahaan asuransi adalah bahwa penipu beradaptasi dengan cepat, sering kali melebihi kemampuan perusahaan asuransi untuk merespons. Pergeseran ke arah distribusi digital dan penanganan klaim, meskipun bermanfaat, juga menciptakan kerentanan baru untuk penipuan.
Marr menjelaskan lebih lanjut tentang kendala operasional yang semakin memperumit masalah ini. Model investigasi penipuan tradisional yang dilakukan selama sembilan jam sehari tidak memadai; diperlukan pendekatan 24/7.
Perusahaan asuransi juga perlu mengevaluasi kembali strategi manajemen risiko mereka, dengan fokus pada orang, proses, dan teknologi untuk mengidentifikasi apa yang benar-benar efektif.
Tujuannya adalah untuk mengurangi rasio kerugian dengan mengatasi penipuan secara efektif, sehingga memberikan manfaat finansial bagi perusahaan asuransi. Alat yang memungkinkan identifikasi dan investigasi yang cepat terhadap aktivitas penipuan, sekaligus meminimalkan false positive, sangat penting.
Di sini Clearspeed diperkenalkan, karena produk mereka menawarkan keuntungan besar karena kasus penggunaan yang luas, fleksibilitas, dan efisiensi. Dia berbicara lebih lanjut tentang kemitraan mereka di akhir pembicaraan, mengungkapkan betapa suksesnya kemitraan mulai dari tim yang bekerja sama secara efektif hingga menerima umpan balik positif dari pelanggan.
Editor: Angga Bratadharma
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News