Media Asuransi, JAKARTA – PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) anggota kelompok properti Sinar Mas Land dan pengelola kawasan mandiri terbesar di Indonesia – BSD City, mengumumkan target prapenjualan (marketing sales) 2024 sebesar Rp9,50 triliun.
Hermawan Wijaya, Direktur BSDE, mengatakan segmen residensial ditargetkan menjadi prapenjualan tertinggi. Menurutnya, penetapan target marketing sales tersebut telah menimbang secara seksama beberapa faktor seperti kinerja 2023, prospek 2024 dan beberapa faktor eksternal seperti proyeksi pertumbuhan ekonomi nasional serta situasi dan kondisi terkini.
“Target Rp9,50 triliun merupakan refleksi konservatif yang moderat apabila dibandingkan dengan pencapaian prapenjualan 2023,” paparnya dalam keterangan resmi yang dikutip, Kamis, 1 Februari 2024.
Pada 2023, BSDE menetapkan target prapenjualan sebesar Rp8,80 triliun dan pada akhir tahun 2023 berhasil mendapatkan prapenjualan sebesar Rp9,50 triliun. Angka tersebut tersebut setara 8% di atas target yang telah ditetapkan sebelumnya.
|Baca juga: Posisi Bisnis Solid, Peringkat Bumi Serpong Damai (BSD) Dinaikkan Jadi idAA
Hermawan menambahkan secara umum, pasar properti berpeluang untuk terus tumbuh. “Kami mengantisipasi dan memperhitungkan beberapa faktor tradisional (yang kerap terjadi ketika memasuki masanya) terutama pada semester pertama 2024, yang bertepatan dengan hari libur nasional dan perhelatan pemilihan umum, termasuk juga kondisi kestabilan geopolitik.”
Lebih lanjut dijelaskan, prapenjualan dari segmen perumahan ditargetkan menjadi sumber penjualan tertinggi dibandingkan segmen komersial. Segmen residensial sepanjang 2024 ditargetkan meraih angka prapenjualan sebesar 53% dari keseluruhan nilai prapenjualan.
Sementara penjualan komersial diharapkan memberikan kontribusi sekitar 31%. Manajemen menargetkan Rp5,28 triliun untuk proyek di BSD City, yang mana sebesar Rp3,28 triliun ditargetkan untuk segmen residensial. Segmen residensial akan fokus melanjutkan peluncuran klaster yang sudah berjalan di Eonna, Enchante, Terravia, Hiera, The Zora, Nava Park serta peluncuran potensial lainnya.
Sedangkan sisanya sebesar Rp2 triliun ditargetkan untuk segmen komersial antara lain lot komersial, ruko, shop-offices, business lofts dan juga proyek apartemen yang sudah berjalan (Akasa dan Upperwest).
Selain BSD City, proyek unggulan lain seperti Grand Wisata – Bekasi, Kota Wisata – Cibubur dan Grand City – Balikpapan ditargetkan meraih prapenjualan masing-masing sebesar 10%, 6% dan 4% dari total nilai prapenjualan.
Editor: Achmad Aris
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News