Outlook Panorama Sentrawisata (PANR) Dinaikkan Jadi Stabil

Media Asuransi – PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) telah menegaskan peringkat PT Panorama Sentrawisata Tbk (PANR) dan Medium-Term Notes (MTN) II Tahun 2018 Seri B pada “idBB+”. 

“Kami merevisi prospek perusahaan menjadi “stable” dari sebelumnya “credit watch dengan implikasi negatif”, seiring dengan kesiapan PANR dalam melunasi MTN yang akan jatuh tempo pada 2 Mei 2021, didukung oleh posisi kas dan setara kas sebesar Rp100 miliar per 31 Maret 2021 di samping fasilitas pinjaman dari bank yang belum digunakan sebesar Rp183 miliar,” tulis Pefindo melalui keterangan resmi yang dikutip Media Asuransi, Jumat, 16 April 2021. 

Sebelumnya di tanggal 26 Maret 2021 PANR telah melakukan pembelian kembali sebesar Rp50 miliar dari MTN, mengurangi nilai MTN yang beredar menjadi Rp50 miliar dari sebelumnya Rp100 miliar. Obligor dengan peringkat idBB memiliki kemampuan yang sedikit lemah untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjangnya dibandingkan obligor-obligor Indonesia lainnya. Obligor menghadapi ketidakpastian yang terus berlanjut atau terpengaruh oleh pemburukan bisnis, keuangan atau kondisi ekonomi yang dapat berakibat kepada ketidakmampuan obligor untuk memenuhi komitmen keuangannya. Tanda tambah (+) menunjukkan bahwa peringkat yang diberikan relatif kuat dan di atas rata-rata kategori yang bersangkutan. 

Baca juga: 

Pefindo menjelaskan, peringkat mencerminkan struktur permodalan yang agresif dan proteksi arus kas yang lemah, fleksibilitas keuangan yang terbatas, dan paparan terhadap kejadian yang dapat mengganggu industri pariwisata. Peringkat diimbangi oleh posisi pasar PANR yang moderat di industri, bisnis yang terdiversifikasi dengan sinergi yang baik, dan jaringan yang luas. 

“Peringkat dapat diturunkan apabila kondisi pelemahaan ini terus berlanjut dalam waktu dekat dan kami melihat tidak ada strategi mitigasi yang signifikan dari perusahaan untuk mengantisipasi efek Covid-19 yang berkepanjangan. Peringkat dapat dinaikkan jika perusahaan secara signifikan meningkatkan kinerja bisnis, yang harus diikuti oleh perbaikan berkelanjutan financial leverage dan proteksi arus kas Perusahaan.” 

PANR adalah salah satu perusahaan besar yang terintegrasi di bidang pariwisata di Indonesia, dengan pilar bisnis travel and leisureinbound, dan media. PANR adalah bagian dari Panorama Group yang juga berfokus di bisnis lainnya seperti perhotelan, transportasi, tempat rekreasi, restoran, dan kafe. Per 30 September 2020, pemegang saham PANR adalah PT Panorama Tirta Anugerah dengan kepemilikan sebesar 64,25%, diikuti oleh Satrijanto Tirtawisata (2,81%), Adhi Tirtawisata (0,75%), dan publik (32,19%). Aca