1
1

FIFGROUP Dukung Literasi Keuangan Astra Financial di Medan

Media Asuransi, JAKARTA – PT Federal International Finance (FIFGROUP) berkomitmen untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia. KLiK Astra Financial merupakan program kolaborasi Corporate Social Responsibility (CSR) Astra Financial dengan keempat lini bisnisnya, termasuk FIFGROUP, dalam upaya memperluas edukasi keuangan bagi masyarakat.

Komitmen FIFGROUP dalam mendukung literasi keuangan juga sejalan dengan Gerakan Nasional Cerdas Keuangan (GENCARKAN) dan program Gebyar Ramadan Keuangan Syariah (GERAK Syariah) yang diinisiasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

|Baca juga:FIFGROUP Berikan Beasiswa Prestasi untuk Anak Karyawan

Branch Head FIFGROUP Cabang Binjai, Helmi Nurizal, menegaskan bahwa perencanaan keuangan adalah kunci untuk mencapai kesejahteraan finansial. Setiap individu perlu mengelola penghasilannya dengan bijak agar dapat memenuhi kebutuhan pokok sekaligus menabung untuk masa depan.

“Selain itu, risiko finansial seperti kehilangan pekerjaan, kecelakaan, atau kebangkrutan dapat terjadi kapan saja, sehingga strategi keuangan yang matang menjadi sangat penting,” ujar Helmi dalam keterangannya, Jumat, 14 Maret 2025.

Dia menjelaskan, salah satu cara yang dapat diterapkan adalah pembuatan anggaran yang ideal, dengan prinsip 50-30-20, yaitu: 50persen untuk kebutuhan pokok (makan, tempat tinggal, dan transportasi). Kemudian, 30 persen untuk kebutuhan sekunder (hiburan, rekreasi, dan pengembangan diri) dan 20 persen untuk tabungan dan investasi, guna menjamin stabilitas finansial di masa depan.

|Baca juga: FIFGROUP Serahkan Bantuan Sosial Senilai Rp210 Juta di Kota Denpasar

“Dengan strategi ini, diharapkan peserta yang hadir dapat menghindari utang konsumtif dan memiliki dana darurat untuk menghadapi situasi tak terduga,”  ujar Helmi.

Berdasarkan hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) Tahun 2024, indeks literasi keuangan Indonesia mencapai 65,4 persen, sementara indeks inklusi keuangannya mencapai 75 persen. Melihat pencapaian tersebut, langkah-langkah strategi untuk memperluas pemahaman dan akses masyarakat Indonesia terhadap layanan keuangan harus terus diupayakan secara berkelanjutan agar tercapai pemerataan pemahaman dan akses finansial yang lebih baik di seluruh lapisan masyarakat.

Editor: S. Edi Santosa

 

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Terparah dalam 16 Tahun, Merger & Akuisisi Asuransi di Asia-Pasifik Ambruk 25%!
Next Post Minat Lisensi Asuransi Digital di Malaysia Meroket, Apa Alasannya?
mediaasuransi_pd_728x90_std_hsbc mediaasuransi_pd_300x600_std_hsbc mediaasuransi_pd_300x250_std_hsbc mediaasuransi_pd_320x100_std_hsbc mediaasuransi_pd_320x50_std_hsbc mediaasuransi_pd_320x480_std_hsbc

Member Login

or