1
1

Clyde & Co Tegaskan Pemberitahuan Klaim Tepat Waktu Itu Penting, Ini Alasannya!

Ilustrasi. | Foto: Freepik

Media Asuransi, GLOBAL – Clyde & Co baru-baru ini menyoroti pentingnya pemberitahuan klaim yang tepat waktu dalam kebijakan klaim (claims-made), yang sering digunakan oleh perusahaan jasa profesional dan lembaga keuangan.

Dalam kebijakan ini, perlindungan akan aktif jika klaim atau potensi klaim dilaporkan dalam periode polis, meskipun kejadian yang mendasarinya terjadi di luar periode tersebut.

Sebagian besar polis mensyaratkan agar klaim diberitahukan secepatnya, secepat yang memungkinkan, atau dalam jangka waktu tertentu, biasanya dalam hitungan hari. Secara umum, klaim mudah dikenali, seperti permintaan atau pernyataan hak atau kerugian, yang mengharuskan pemberitahuan segera sesuai dengan ketentuan polis.

|Baca juga: Jasindo Berkomitmen Perkuat Skema Asuransi Usaha Tani Padi

|Baca juga: PertaLife Harap Bos Baru Pertamina Jadi Garda Terdepan Berikan Energi Baik untuk Indonesia

Namun, pemberitahuan atas klaim potensial atau keadaan sering kali lebih rumit, karena banyak polis yang tidak mendefinisikan keadaan dengan jelas. Beberapa polis memperbolehkan pemegang polis untuk melaporkan potensi klaim, namun tidak mewajibkannya. Ini memungkinkan perlindungan jika situasi berkembang menjadi klaim resmi setelah periode polis berakhir.

Sebaliknya, ada pula polis yang mewajibkan pemberitahuan terhadap segala keadaan yang berpotensi menjadi klaim, sesuai dengan kewajiban pemegang polis untuk memberikan presentasi yang adil berdasarkan Undang-Undang Asuransi 2015.

“Ketidakmampuan untuk memberitahukan klaim atau keadaan dengan benar bisa menyebabkan perusahaan asuransi menolak klaim, bahkan jika tidak ada kerugian langsung bagi perusahaan asuransi,” ujar Clyde & Co dikutip, dari Insurance Asia, Jumat, 7 November 2024.

Jika pemberitahuan tertunda dan menyebabkan biaya tambahan, perusahaan asuransi dapat meminta penggantian biaya tersebut dari pemegang polis, yang dapat menjadi jumlah yang cukup besar.

|Baca juga: Kontribusi dari 2 Negara Ini Buat Laba Sun Life Naik di Atas Ekspektasi

|Baca juga: Wakil PM Ungkap 3 Rahasia Jadikan Singapura Pusat Reasuransi di Asia

Clyde & Co juga memperingatkan pemberitahuan yang terlambat dapat menyebabkan masalah besar, baik bagi pemegang polis maupun broker. Oleh karena itu, penting bagi pemegang polis dan broker untuk memahami ketentuan masing-masing polis dan memiliki prosedur manajemen risiko yang mendukung pemberitahuan tepat waktu.

Untuk memastikan perlindungan, pemegang polis dan broker perlu mengetahui syarat-syarat spesifik dalam polis dan memastikan mereka siap untuk melaporkan klaim atau keadaan yang dapat berkembang menjadi klaim dalam waktu yang ditentukan.

Editor: Angga Bratadharma

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Mandiri Sekuritas Tanam 200 Pohon di Bogor
Next Post Bansos Beras Akan Diperpanjang Sampai Tahun Depan

Member Login

or