1
1

Sektor Teknologi Bakal Hadapi PHK, Saatnya Manfaatkan AI Generatif

Ilustrasi. | Foto: Freepick

Media Asuransi, GLOBAL – Laporan terbaru dari perusahaan data dan analisis, GlobalData, memprediksi bahwa industri teknologi mengalami perubahan besar pada tahun 2024, termasuk PHK yang dilakukan perusahaan-perusahaan besar seperti Google, Amazon, dan Meta.

Tren ini dimulai tahun lalu dan mempengaruhi lebih dari 191.000 karyawan karena faktor-faktor seperti penyesuaian pandemi pasca-Covid-19 dan fokus pada teknologi baru seperti AI. Terlepas dari tantangan-tantangan ini, terdapat pandangan positif terhadap peran AI, terutama dalam solusi AI generatif yang disesuaikan dan operasi pembelajaran mesin (MLOps). Menurut GlobalData, hal ini menggarisbawahi sifat dinamis lanskap ketenagakerjaan di sektor teknologi.

Kiran Raj, Practice Head of Disruptive Tech di GlobalData, mengatakan dalam konteks pekerjaan AI, tren ini mewakili narasi ganda. Meskipun PHK menciptakan tantangan dalam industri teknologi, terdapat juga peningkatan permintaan akan talenta khusus AI dan pembelajaran mesin karena teknologi ini semakin terintegrasi ke dalam operasi bisnis.

|Baca juga: Pluang Sebut Ketidakpastian Ekonomi Global Jadi Sebab PHK Massal

“Permintaan ini terutama untuk aplikasi kustom generatif yang didukung AI, yang memenuhi kebutuhan pasar tertentu sekaligus meningkatkan privasi dan keamanan,” katanya dalam keterangan resmi yang dikutip, Sabtu, 10 Februari 2024.

Saurabh Daga, Associate Project Manager of Disruptive Tech di GlobalData, menambahkan peralihan ke arah alat AI generatif yang dirancang khusus semakin jelas, karena mampu memenuhi ceruk pasar tertentu dan kebutuhan pengguna.

“Pendekatan ini sangat bermanfaat di sektor-sektor seperti layanan kesehatan, keuangan, dan hukum, sehingga meningkatkan efisiensi dan privasi,” jelasnya.

Analisis terhadap basis data Analisis Pekerjaan GlobalData menggarisbawahi tren ini, di mana lowongan pekerjaan terkait AI generatif telah tumbuh sebesar 42% dari kuartal III/2023 hingga kuartal IV/2023. Selain itu, data menunjukkan peningkatan yang jauh lebih rendah yaitu sebesar 5% dalam keseluruhan pekerjaan terkait AI di dunia. periode yang sama. Hal ini menekankan pentingnya perusahaan mewujudkan hasil transformatif melalui AI generatif.

Daga menyimpulkan pada tahun 2024, industri teknologi berada di persimpangan jalan transformasi dan adaptasi. Lanskap ketenagakerjaan dibentuk oleh kombinasi perubahan makroekonomi dan teknologi.

“Lanskap dinamis ini menggarisbawahi perlunya pengembangan, perekrutan, dan pelatihan ulang tenaga kerja untuk memenuhi tuntutan industri yang terus berkembang.”

Editor: Achmad Aris

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Gagal Liburan? Begini Cara Tepat Mengalihkan Dananya!
Next Post Fitch Meramalkan Pasar Reasuransi Global Akan Melunak pada 2025

Member Login

or