1
1

Permodalan Kuat, Asuransi Sinar Mas Diganjar Peringkat idAA+ oleh Pefindo

Group Sinarmas memiliki beberapa anak perusahaan di industri perasuransian Indonesia. | Foto: Arief Wahyudi

Media Asuransi, JAKARTA – PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menetapkan peringkat “idAA+” dengan prospek “stabil” terhadap PT Asuransi Sinar Mas (ASM).

“Peringkat tersebut mencerminkan posisi bisnis ASM yang sangat kuat, profil likuiditas dan kualitas aset yang sangat kuat, serta indikator permodalan dan cadangan Perusahaan yang sangat kuat,” tulis Pefindo dalam keterangan resmi yang dikutip, Rabu, 31 Januari 2024.

|Baca juga: 63 Market Leaders Asuransi: Posisi Jawara Tak Terkalahkan

Pefindo menjelaskan peringkat tersebut dibatasi oleh kinerja operasional yang moderat. Peringkat dapat dinaikkan jika Perusahaan dapat meningkatkan posisi bisnisnya di industri asuransi umum dan asuransi jiwa secara signifikan dan berkelanjutan, yang juga diikuti oleh peningkatan kinerja operasional secara berkelanjutan.

“Peringkat dapat berada dalam tekanan jika terdapat indikator keuangan ASM yang menurun secara substansial karena melemahnya posisi bisnis atau hasil underwriting,” catatan dari Pefindo.

Didirikan pada tahun 1984, ASM merupakan perusahaan asuransi umum yang menyediakan produk dengan cakupan yang luas, dengan lini bisnis utama di asuransi kebakaran, kendaraan, dan kesehatan.

Pada 30 September 2023, ASM dimiliki oleh Grup Sinar Mas melalui induk usaha jasa keuangannya, PT Sinar Mas Multiartha Tbk (99,999%), dan PT Sinar Mas Multifinance (0,001%). Perusahaan memiliki beberapa anak usaha yaitu PT Asuransi Simas Jiwa (99,9%), PT Reasuransi Nusantara Makmur (99,0%), PT Sinarmas Penjaminan Kredit (75,0%), dan Sinar Mas Insurance SA, Timor Leste (82,9%).

Editor: Achmad Aris

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post KSSK: Kinerja Perusahaan Pembiayaan Cemerlang di 2023
Next Post Jokowi Harap UMKM Bisa Naik Kelas via Program Mekaar

Member Login

or