1
1

Bank Muamalat dan BPKH Kerja Sama Kembangkan Layanan Haji dan Umrah

Direktur Utama Bank Muamalat, Indra Falatehan (kiri) dan Anggota BPKH, Harry Alexander (kanan) foto dengan memegang mock-up PKS layanan umrah, haji plus, dan pelunasan haji kepada jemaah daftar tunggu di Jakarta, 21 November 2023. | Foto: doc

Media Asuransi, JAKARTA – PT Bank Muamalat Indonesia Tbk (Bank Muamalat) bekerja sama dengan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) untuk mengembangkan layanan terkait haji plus, pelunasan haji dan layanan umrah bagi jemaah haji daftar tunggu, maupun calon jemaah haji.

Seremoni penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Anggota Badan Pelaksana BPKH, Harry Alexander dan Direktur Utama Bank Muamalat, Indra Falatehan di Jakarta, Selasa, 21 November. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari acara Seminar Pengembangan Bisnis pada Ekosistem Haji dan Umrah yang diselenggarakan oleh BPKH.

Harry Alexander mengatakan bahwa BPKH terus berupaya melakukan pengembangan ekosistem haji dan umrah serta meningkatkan layanan bagi 5,3 juta jemaah haji daftar tunggu, serta kemudahan pendaftaran haji bagi warga Indonesia yang belum mendaftar haji.

|Baca juga: Bank Muamalat dan Pegadaian Jalin Kerja Sama Pendaftaran Haji

“Upaya ini dilakukan dengan menggandeng anak usaha Bank Muamalat melalui pengembangan produk dan layanan perbankan. Bank Muamalat sebagai bank haji ini akan menawarkan produk pembiayaan seperti multiguna Aparatur Sipil Negara (ASN) dan non-ASN untuk ibadah umrah, cicil emas untuk perencanaan pelunasan haji, ProHajj Plus untuk haji plus, maupun produk tabungan rencana,” katanya dalam keterangan resmi.

Sementara itu Indra Falatehan mengatakan bahwa Indonesia merupakan negara dengan kuota haji terbesar di dunia. Hal tersebut menjadi fokus BPKH dan Bank Muamalat untuk memberikan solusi layanan kepada jemaah daftar tunggu tersebut.

“Dari total 5,3 juta jemaah tersebut, sekitar 15 persen merupakan nasabah Bank Muamalat. Oleh karena itu, kami ingin masuk ke dalam ekosistem tersebut bersinergi dengan BPKH melalui berbagai layanan dan produk perbankan syariah berupa pembiayaan dan tabungan,” jelasnya.

Sebelumnya BPKH dan Bank Muamalat juga telah bersinergi, yakni aplikasi mobile banking (Muamalat DIN) terhubung secara antarserver atau host-to-host dengan aplikasi BPKH Virtual Account (BPKH VA). Sinergi ini dijalin untuk memudahkan jemaah haji daftar tunggu, juga sebagai bentuk transparansi informasi pengelolaan dana haji.

Selain itu, di aplikasi Muamalat DIN saat ini sudah tersedia menu Bank Haji. Dalam menu tersebut, terdapat fitur antara lain pendaftaran haji, pelunasan haji, dan pengecekan nilai manfaat haji terkini. Informasi tersebut dapat diperoleh cukup dengan mengakses Muamalat DIN dari mana saja tanpa harus ke kantor cabang Bank Muamalat.

Editor: S. Edi Santosa

 

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Mengenal Istilah ASEAN Professional Insurance Diploma (APID)
Next Post BCA Raih Predikat World’s Most Trustworthy Company di Industri Perbankan

Member Login

or