1
1

PGE Optimalkan Teknologi Kembangkan Potensi Energi Panas Bumi di Indonesia

Ilustrasi. | Foto: pge.pertamina.com

Media Asuransi, JAKARTA – PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) terus memperluas pemanfaatan teknologi terobosan yang inovatif untuk meningkatkan efisiensi operasional perusahaan. Kemudian menunjukkan komitmen perusahaan dalam mengembangkan potensi energi panas bumi di Indonesia.

PGE berhasil memasang Flow2Max, alat ukur aliran fluida dua fasa atau two-phase flow meter di lima sumur produksi di Area Lahendong, Sulawesi Utara, dengan sebelumnya melalui purwarupa dan pengujian.

Ditemukan oleh Manager Production and Operational Excellence PGE Mohamad Husni Mubarok, teknologi ini merupakan yang pertama di dunia yang memungkinkan pemantauan aliran fluida dua fasa panas bumi dengan lebih andal, mudah, real-time, akurat, fleksibel, dan reliabel dibandingkan dengan teknologi yang ada.

Kemampuannya mengukur aliran fluida secara real-time memungkinkan PGE mengevaluasi kinerja dan memprediksi produktivitas sumur produksi. Pemasangan Flow2Max membantu PGE dalam manajemen dan optimalisasi reservoir panas bumi di sebuah lapangan, termasuk mendeteksi dini masalah teknis di sumur.

|Baca juga: Jasa Marga Catat 1,7 Juta Kendaraan Kembali ke Jabotabek hingga H+7 Lebaran 2024

Dengan kesuksesan pemasang Flow2Max di lima sumur ini, PGE segera memperluas penggunaannya ke sumur-sumur panas bumi yang lain sehingga diharapkan efisiensi operasional terus meningkat.

“PGE terus bergerak dalam mengembangkan berbagai inovasi dan teknologi untuk meningkatkan keandalan dan efisiensi operasi. Ini merupakan salah satu bukti komitmen PGE untuk memajukan industri panas bumi di Indonesia,” ujar Direktur Utama PGE Julfi Hadi, dikutip dari keterangannya, Jumat, 19 April 2024.

Selain itu, PGE juga telah secara resmi menggunakan perangkat portabel uji produksi sumur panas bumi, Geoflowtest, di berbagai lapangan panas produksi panas bumi PGE. Geoflowtest juga ditemukan dan di inisiasi oleh Husni dan tim PGE yang kemudian pembuatannya dilakukan bersama PT Sigma Cipta Utama (SCU).

Editor: Angga Bratadharma

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Bandara Sam Ratulangi Ditutup Sementara, Ternyata Ini Pentingnya Punya Asuransi Penerbangan
Next Post Perkuat Sinergi dengan Perguruan Tinggi, Bank bjb Kerja Sama dengan Universitas Hasanuddin

Member Login

or