1
1

Kemendag Fokus Kembangkan Ekspor Produk Halal Lokal

Produk ekspor bersertifikat halal. | Foto: freepick

Media Asuransi, JAKARTA – Kementerian Perdagangan (Kemendag) mendorong peningkatan pemasaran produk-produk lokal baik di dalam mau pun luar negeri. Salah satu yang menjadi fokus Kemendag kali ini adalah dengan fokus mengembangkan ekspor produk halal Indonesia ke pasar global.

Hal ini disampaikan Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Didi Sumedi, pada acara “IKM Hunter Goes to Bekasii” pada Selasa, 5 September 2023  di  Bekasi,  Jawa  Barat. “Salah satu produk yang menjadi fokus pemerintah, khususnya Kementerian Perdagangan adalah pengembangan produk halal. Produk halal memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan, baik di dalam maupun luar negeri,” kata Didi.

Didi menyebut, ekspor produk halal Indonesia memiliki potensi yang sangat besar. Berdasarkan riset Global Islamic Economy Indicator 2022 oleh Dinar Standard, Indonesia menempati peringkat ke-4 ekonomi  syariah  terbesar  setelah  Malaysia,  Arab  Saudi,  dan  Uni  Emirat  Arab. 

|Baca juga: Pastikan Kemudahan Berusaha, Kemendag Sosialisasikan Kebijakan Perdagangan Luar Negeri di Bidang Ekspor

Secara  detail  per sektor,  Indonesia  menempati  urutan  ke-2  untuk  kategori makanan halal,  peringkat  ke-3  untuk fesyen muslim, dan peringkat ke-6 untuk keuangan syariah. Di  sisi  lain,  saat  ini  jumlah  populasi  muslim  di  dunia  diperkirakan  mencapai  1,91  miliar  jiwa  atau sekitar 26 persen dari populasi dunia. Sementara jumlah muslim di Indonesia tercatat 231 juta jiwa dan menempatkan Indonesia sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia. “Secara ekosistem, Indonesia sangat mumpuni untuk mengembangkan produk halal,” kata Didi.

Dia memaparkan, sebagai upaya percepatan ekspor usaha kecil dan menengah (UKM) Halal, pemerintah telah membentuk Indonesia Halal Export Incorporated. Pembentukan ini berdasarkan SK Sekretaris Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah, nomor KEP-1/S.KNEKS/2022 tanggal 22  Oktober  2022. Program  percepatan  ekspor  UKM  Halal  difokuskan  pada  akses  pasar  ekspor produk  halal,  pembiayaan  ekspor,  inkubasi  dan  produksi,  serta  perjanjian  dagang  dengan  negara mitra.

Didi menambahkan, Kemendag telah melakukan berbagai program Promosi Produk Halal 2023. Diantaranya dengan mengikuti berbagai pameran seperti Thaifex Anuga Asia di Bangkok dan Malaysia International Halal Showcase. Sementara untuk produk modest fashion Kemendag juga berpartisipasi pada New York Fashion Week, Paris Fashion Week, London Fashion Week, Indonesia Festival 2023 di Korea Selatan, dan Jakarta Muslim Fashion.

Kemendag juga terus mempromosikan produk  halal  Indonesia  melalui  kegiatan  misi  dagang.  Beberapa  diantaranya  yaitu  kegiatan  misi dagang ke Arab Saudi, Mesir, dan India. Sebagai puncaknya, Kemendag akan menggelar ajang Trade Expo Indonesia yang akan dilaksanakan secara fisik pada 18–22 Oktober 2023 dan secara daring pada 18 Oktober –18 Desember 2023

TEI merupakan pameran tahunan berskala internasional dan terbesar di Indonesia yang akan dihadiri pembeli dari berbagai negara. Kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan produk-produk Indonesia.

 

Editor: S. Edi Santosa

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post AAUI Kembali Jalin Kerja Sama dengan A3UI
Next Post Mengenal Pasukan Cordon Penyambut Kepala Negara KTT ke-43 ASEAN

Member Login

or