1
1

Ecocare Indo Pasifik (HYGN) Catatkan Pertumbuhan Pendapatan 33% pada semester I/2024

ecoCare menyediakan jasa higienitas profesional atau hygiene service. | Foto: ecocare.id

Media Asuransi, JAKARTA – PT Ecocare Indo Pasifik Tbk (HYGN), pelopor dalam industri jasa higienitas, pembasmian hama dan kebersihan, mencatatkan peningkatan pendapatan tahun-ke-tahun (Y-o-Y) sebesar 33% dibandingkan periode yang sama pada tahun 2023  didorong oleh kinerja yang kuat di ketiga divisi bisnis.

Pendapatan dari layanan higienitas naik sebesar 13,2%, dari Rp71,68 miliar di semester I/2023 menjadi Rp81,14 miliar pada semester I/2024. Layanan kebersihan mengalami lonjakan 71,5%, dari Rp29,13 miliar tahun lalu menjadi Rp49,97 miliar, dan layanan pengendalian hama mengalami peningkatan sebesar 68,4%, dari Rp8,81 miliar menjadi Rp14,84 miliar.

Pertumbuhan yang kuat ini mencerminkan permintaan pasar yang tinggi di semua segmen bisnis, yang mengarah pada peningkatan laba operasional sebesar 24,1% YoY (tidak termasuk biaya sekali pakai ESOP/ESA sebesar Rp0,62 miliar), dari Rp4,64 miliar di semester I/2023 menjadi Rp5,14 miliar di semester I/2024 saat ini.

|Baca juga: Unilever Alami Penurunan Penjualan 4,9% pada Kuartal I/2024

Meskipun ada pertumbuhan pendapatan, laba bersih setelah pajak menurun sebesar 17,6% Yo-Y, dari Rp6,48 miliar di semester I/2023 menjadi Rp5,34 miliar di semester I/2024. Hal ini karena campuran penjualan (sales mix), biaya yang timbul dari IPO listing dan ekspansi, serta berkurangnya pendapatan lain-lain yang disebabkan oleh perbedaan dalam penjualan aset sekali pakai dan pendapatan bunga.

CEO Grup HYGN, Wincent Yunanda, tetap optimistis tentang prospek perseroan untuk tahun 2024 meskipun ada berbagai tantangan makro-ekonomi.

“Pertumbuhan kami tahun ini sangat baik pasca IPO. Semua segmen bisnis kami tumbuh, dan kami telah berhasil memperluas ekspansi ke pasar-pasar baru seperti Pekanbaru, Kupang, Bandar Lampung, dan Jambi. Mengingat pertumbuhan dan ekspansi ini, kami secara aktif merekrut dalam skala yang lebih besar, membawa talenta baru yang berdampak pada margin keuntungan kami. Namun, kami yakin upaya rebranding, inisiatif penjualan, dan kontrol biaya yang ketat akan mendorong pertumbuhan lebih jauh di paruh kedua tahun ini,” jelasnya dalam keterangan resmi dikutip, Selasa, 30 Juli 2024.

|Baca juga: Avia Avian (AVIA) Cetak Penjualan Rp1,9 Triliun pada Kuartal I/2024

Dalam jangka panjang, HYGN tetap optimistis tentang prospeknya. Perseroan yakin akan mencapai pertumbuhan top-line dan bottom-line yang berkelanjutan melalui berbagai rencana strategisnya.

“Arah strategis yang diambil oleh Perseroan di paruh pertama tahun ini – terlebih setelah menjadi Perusahaan Terbuka (TBK) baru-baru ini – telah menetapkan fondasi yang kuat untuk pertumbuhan jangka panjang kami yang berkelanjutan di industri ini. Kami sangat bersemangat tentang masa depan jangka panjang Perseroan dan tetap berkomitmen untuk memberikan nilai yang berkelanjutan kepada pemegang saham kami,” tambah Wincent.

HYGN menutup paruh pertama tahun 2024 dengan recurring annual orderbook sebesar Rp290 miliar pada Juni 2024.

Editor: Achmad Aris

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post WIR Asia (WIRG) Bukukan Pendapatan Rp1,27 Triliun pada Semester I/2024
Next Post Dharma Satya Nusantara (DSNG) Bukukan Laba Rp508 Miliar pada Semester I/2024

Member Login

or