Media Asuransi – Industri asuransi jiwa Indonesia memperlihatkan pertumbuhan positif pada banyak bagian kinerjanya di kuartal pertama tahun ini. Salah satunya ditunjukkan dengan adanya pertumbuhan positif di laporan pendapatan usaha untuk periode kuartal I/2021 dari puluhan perusahaan yang tergabung dalam Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI). Jika sebelumnya industri asuransi jiwa mencatat nilai minus hampir setengah triliun rupiah di kuartal I/2020, maka kali ini tanda rebound mulai terlihat di kuartal I/2021 industri asuransi jiwa mencatatkan pendapatan positif sebesar Rp62,66 triliun.
Direktur Eksekutif AAJI, Togar Pasaribu, menilai bahwa untuk menjaga konsistensi dan momentum positif dalam industrinya, semua pihak perlu terus melakukan literasi dan meningkatkan tata kelola untuk menjaga kepercayaan masyarakat dan menumbuhkan kesadaran masyarakat atas kebutuhan akan asuransi jiwa. “Mulai naiknya aktivitas dari masyarakat dan dunia bisnis, terlihat dari meningkatnya pendapatan industri asuransi jiwa. Masifnya kenaikan premi dari bisnis baru dan positifnya hasil investasi di kuartal satu tahun ini membuat lonjakan pendapatan yang cukup tajam,” ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa, 8 Juni 2021.
|Baca juga: AAJI Adakan Media Gathering Secara Virtual
Meski demikian, ia tetap mengingatkan semua kalangan untuk tetap bersatu-padu menjaga kondusivitas penanganan pandemi Covid-19. Keberhasilan vaksinasi yang mendorong kembali pergerakan perekonomian saat ini akan memberikan sumbangan besar pada potensi rebound pertumbuhan ekonomi makro dalam jangka panjang.
Salah satu inovasi yang diharapkan dapat membantu pengembangan industri asuransi saat ini adalah penggunaan teknologi digital untuk pemasaran produk asuransi. Seiring dengan pengembangan teknologi, industri asuransi juga mengharapkan dukungan penuh dari pemerintah dan regulator dalam hal tersebut.
|Baca juga: AAJI Usulkan LPP Masuk dalam Ranah LPS
Selain itu, AAJI juga terus memperbanyak informasi terkait manfaat asuransi jiwa dalam memperkuat finansial keluarga serta perencanaan keuangan masa depan melalui tulisan di media sosial. Hal ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan literasi masyarakat atas berbagai seluk beluk dan manfaat dari asuransi jiwa.
Saat ini AAJI merilis sebuah program lomba penulisan bagi masyarakat. AAJI mengangkat tema #bangkitfinancial dalam program yang berjalan sejak 5 Mei hingga 5 Juni tersebut. Sedangkan untuk karyawan asuransi jiwa, AAJI juga membuat hal serupa, namun dengan tema #rencanakan keuanganmu. Program untuk karyawan berlangsung hingga akhir Juni ini.
AAJI juga mengedukasi mahasiswa di soal perencanaan keuangan masa depan yang baik dengan asuransi jiwa. Dan yang juga mendapatkan animo tinggi adalah peluang karir di industri asuransi jiwa melalui webinar yang akan dilaksanakan pada tanggal 12 Juni 2021. Ken
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News