1
1

Kolaborasi IBL dan Citi Indonesia Dukung Kemandirian Finansial Bagi Generasi Muda

    Citi Indonesia (Citibank) melalui payung kegiatan kemasyarakatannya bekerjasama dengan lembaga nirlaba Indonesia Business Links (IBL)  menggelar Program Skilled Youth. Program tahap kedua ini merupakan bagian dari komitmen 50 tahun dedikasi Citi untuk Indonesia dan secara global, implementasi dari inisiatif Pathways to Progress yang dilaksanakan di berbagai negara di dunia.  Program ini dilaksanakan pada periode Agustus 2017 hingga Juni 2018. Pada periode tersebut Skilled Youth telah membekali 249 pemuda di area industri dengan keterampilan soft-skill dan hard-skill melampui target yang ditetapkan sebelumnya, yaitu sebanyak 200 peserta.

   CEO Citi Indonesia Batara Sianturi menyampaikan, program ini bertujuan untuk membantu mengurangi pengangguran di kalangan generasi muda usia  16 -24  tahun di kota-kota besar di dunia termasuk Indonesia. Pathways to Progress merupakan  komitmen  filantropi  terbesar  sepanjang  sejarah  dari  Citi  Foundation dengan investasi  tambahan sebesar 100  juta dolar AS untuk memberikan dampak positif dan impact bagi 500.000 anak muda di seluruh dunia hingga 2020.

   “Tahun lalu, kami mengumumkan ekspansi global dari Pathway Progress yang diinisiasi oleh Citi Foundation. Di Indonesia, komitmen ini kami wujudkan melalui kerjasama dengan lembaga nirlaba, Indonesia Business Link, dalam menghadirkan Skilled Youth Program. Program ini berorientasi pada terbukanya kesempatan ekonomi yang lebih baik bagi generasi muda melalui peningkatan kapasitas dalam mempersiapkan diri untuk menjadi tenaga kerja siap kerja, maupun menjadi seorang wirausaha yang handal.”

   Sementara itu, Country Head Corporate Affairs Citi Indonesia Elvera N. Makki menyatakan, data dari Badan Pusat Statistik menunjukkan jumlah pengangguran di usia 15-24 tahun mendominasi jumlah keseluruhan pengangguran yang ada. Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT), lanjutnya, yang tertinggi terjadi pada lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), yaitu sebesar 11,41 persen dari total 7,04 juta pengangguran per Agustus 2017.

   Karenanya, tambah Vera, pemberdayaan ekonomi masyarakat menjadi agenda penting yang kerap dicanangkan pemerintah, serta menjadi bagian dari pengimplementasian tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs). “Saat ini di dunia, termasuk di Indonesia, terdapat 1,2 miliar anak muda, dimana 156 juta memiliki pekerjaan namun masih hidup di bawah garis kemiskinan. Lebih lanjut, terdapat 71 juta anak muda yang tidak memiliki pekerjaan, angka ini 3 kali lebih banyak dibandingkan pengangguran usia dewasa. Inilah yang menjadi dasar bagi Citi untuk berkomitmen dan berupaya membantu generasi muda di berbagai kota di dunia untuk meningkatkan kapabilitas dan wawasan mereka agar relevan dengan kebutuhan dan tren di pasar saat ini.” ungkapnya.

   Menanggapi hal tersebut, Ketua Dewan Pembina Indonesia Business Links Heru Prasetyo berpendapat, kolaborasi yang dilakukan Citi Indonesia bersama IBL merupakan contoh kemitraan multi-pihak dalam mendukung penerapan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) yang diusung pemerintah. “Kami percaya, pengangguran kaum muda akan teratasi bila sektor bisnis, pemerintah, organisasi masyarakat sipil dan akademisi dapat bekerjasama dari sisi peningkatan kapasitas, membuka peluang kerja, mendorong kewirausahaan, serta menciptakan lingkungan yang kondusif,” jelas Heru.

   Program Skilled Youth tahap II bertujuan untuk memberdayakan potensi ekonomi para pemuda berusia 16-25 tahun termasuk siswa SMK yang berlokasi di Bekasi, Cikarang dan Karawang, melalui peningkatan kemampuan baik soft-skill maupun hard-skill, pendampingan bisnis kewirausahaan, serta bimbingan kerja. Fir

 

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post BCA Bukukan Penyaluran Kredit Rp494 Triliun
Next Post Rayakan Hari Jadi ke 54 Aswata Luncurkan Asuransi Perjalanan

Member Login

or