Siapkan Uang Tunai Rp36,7 Triliun, BRI Tetap Layani Masyarakat Selama Libur Lebaran

Media Asuransi – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) berkomitmen untuk memberikan layanan perbankan yang optimal selama periode libur Hari Raya Idul Fitri 2021. BRI akan tetap beroperasi dengan memberikan layanan terbatas pada tanggal 12 dan 15 Mei 2021. Daftar unit layanan terbatas ini dapat diakses di website resmi BRI (https://bri.co.id/layanan-terbatas).

“Layanan terbatas BRI akan hadir di 184 kantor. Masyarakat tetap dapat membuka rekening, penarikan dan penyetoran simpanan, setoran pinjaman, complain handling serta jual beli bank notes,” kata Direktur Jaringan dan Layanan BRI, Arga M Nugraha dalam keterangan resmi yang dikutip Media Asuransi, Selasa, 4 Mei 2021.

Baca juga: 

Selain itu, BRI juga tetap melayani penebusan setoran BBM/Non BBM Pertamina di 135 kantor serta Pelayanan Pick Up Service ASDP di 37 kantor. “Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, BRI juga menyediakan layanan penukaran Uang Pecahan Kecil (UPK) di 20 Kantor Cabang BRI se-Jabodetabek yang telah mulai dilaksanakan pada tanggal 13 April lalu hingga menjelang libur pada tanggal 11 Mei,” jelas Arga.

Sebagai langkah antisipasi terhadap kebutuhan uang tunai bagi masyarakat, BRI telah menyiapkan uang tunai Rp36,7 triliun yang dialokasikan untuk mesin ATM, CRM, dan layanan Unit Kerja Operasional (UKO). “Uang kas yang disiapkan oleh BRI tahun ini meningkat sebesar 8 persen apabila dibandingkan dengan nominal realisasi tahun lalu, hal tersebut disebabkan karena mulai meningkatnya aktivitas ekonomi masyarakat. “Jumlah ini juga telah mempertimbangkan adanya migrasi atau bergesernya pola transaksi nasabah BRI dari sebelumnya transaksi tunai menjadi transaksi digital atau non-tunai,” ungkap Arga.

Lebih lanjut dia menghimbau nasabah agar bertransaksi secara cashless dan melakukan berbagai macam transaksi perbankan secara digital. Selain dapat menggunakan Internet Banking BRI, salah satu layanan digital banking BRI yang dapat digunakan adalah aplikasi BRImo yang memungkinkan transaksi dilakukan dari manapun dan kapan pun.

Selain outlet konvensional, masyarakat memiliki alternatif lain untuk mendapat layanan keuangan BRI diantaranya melalui 16.558 mesin ATM, 5.707 mesin CRM, dan 454 ribu Agen BRILink yang tersebar di seluruh Indonesia. Agen BRILink melayani transaksi perbankan seperti transfer, setor dan tarik tunai, pembayaran tagihan listrik, air, iuran BPJS, telepon, pembelian pulsa, pembayaran cicilan, top-up BRIZZI, setoran pinjaman, memberikan layanan referral pembukaan rekening tabungan BSA dan pinjaman. Saat ini, Agen BRILink telah melayani masyarakat di 54,6 ribu desa, atau lebih dari 70 persen jumlah desa di seluruh Indonesia. Edi

Leave a Reply