1
1

7 Tips Sederhana untuk Kesehatan Mental ala Allianz

Menjaga kesehatan mental tidak kalah penting dalam menjali keseharian. | Foto: doc

Media Asuransi, JAKARTA – Walaupun pembelajaran hidup dinilai penting, kesehatan mental kita juga tidak kalah penting, lho! Duh, aku kena mental illness nih!”. Seberapa sering Anda mendengar kalimat ini terucap dari teman atau kerabat? Jangan anggap remeh, kenali tips menjaga kesehatan mental di sini.

Ini dia tujuh tips yang bisa membantu untuk menjaga kesehatan mental yang dikutip dari laman resmi Allianz, Minggu, 11 Februari 2024, yakni:.

  1. Buat Catatan Kecil Tentang Tujuan Anda

Tidak perlu tujuan yang besar, karena semua hal besar dimulai dari hal kecil. Mulailah dengan langkah kecil dan tetapkan tujuan yang ingin dicapai. Misalnya, Anda ingin memiliki badan yang lebih bugar dari sebelumnya, maka Anda perlu memulai berolahraga.

|Baca juga: Masyarakat Wajib Memahami Pentingnya Kesehatan Mental, Berikut 4 Tipsnya

Mungkin pada saat memulainya Anda akan terasa berat karena belum terbiasa, namun seiring berjalannya waktu olahraga bisa menjadi hobi Anda, lho. Semua kegiatan kecil yang bermakna pasti akan menghasilkan hal yang besar.

  1. Jangan Lupa Untuk Merawat Diri

Jadikan perawatan diri sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari rutinitas. Baik itu dengan mandi air hangat sepulang beraktivitas seharian, meluangkan waktu untuk menjalani perawatan untuk masker muka atau masker badan, atau bahkan pergi ke salon atau barbershop untuk mencuci atau menata rambut. Ingat, memberikan waktu untuk diri sendiri sangat penting untuk kesehatan mental Anda.

  1. Buat Rutinitas Harian

Buatlah sebuah rutinitas harian yang dapat Anda realisasikan, seperti minum air putih satu hingga dua gelas setiap pagi hari setelah bangun tidur, olahraga 30 menit sebelum mulai beraktivitas, mengonsumsi makanan yang kaya akan protein, karbohidrat lepas lambat, vitamin dan susu, hingga mengatur pola dan waktu tidur agar lebih teratur.

Rutinitas yang terorganisasi dengan baik berkontribusi pada kehidupan yang lebih seimbang dan mengurangi rasa stres.

  1. Jaga Komunikasi dan Hubungan dengan Orang Tersayang

Meski sibuk bekerja, jangan lupa untuk tetap menjalin hubungan dengan teman, kerabat, dan keluarga. Tidak ada salahnya jika kamu ingin hangout setelah jam pulang kerja. Namun, pastikan bahwa Anda tidak pulang larut malam, sehingga waktu dan pola tidur tidak terganggu.

|Baca juga: Tingkat Depresi Meningkat, Angka Klaim Asuransi Kesehatan Mental Sentuh US$15 Miliar

Bagi anak rantau, temukan teman terdekat Anda dan bersosialisasilah dengan keluarga dan kerabat di kampung halaman melalui video call, karena aktivitas ini dapat membantu Anda untuk mengatasi perasaan kesepian.

  1. Buat Jurnal Rasa Syukur

Mulailah membuat jurnal rasa syukur harian untuk fokus pada aspek positif dalam hidup Anda. Misalnya, pada saat pulang kantor Anda mendapatkan tempat duduk di KRL (Kereta Rel Listrik). Meski terlihat sederhana, merenung tentang hal-hal yang membuat kamu lebih bersyukur, bahkan dalam momen-momen kecil, dapat mengubah perspektif dan meningkatkan suasana hati Anda secara keseluruhan.

  1. Jangan Terlalu Lama Memandang Layar HP

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa handphone atau smartphone merupakan bagian yang sudah terintegrasi ke dalam hidup kita. Namun, walaupun sangat sulit untuk melepasnya, sangat penting untuk menetapkan sebuah batasan. Coba kurangi waktu di depan layar, apalagi sebelum tidur, karena dengan tidak memandang layar handphone sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur yang berpengaruh pada kelelahan mentalmu.

  1. Cobalah Bermeditasi

Perlu Anda ketahui bahwa meditasi juga dapat menenangkan pikiran yang sangat baik untuk kesehatan mental, lho. Dengan bermeditasi, Anda dapat lebih fokus kepada pikiran dan juga bisa merasakan dampak yang baik seperti menurunkan tingkat stres, meningkatkan fokus dan daya ingat, serta membantu tubuh untuk jadi lebih rileks.

Yuk, awali tahun Naga Kayu ini dengan semangat positif! Jangan hanya peduli terhadap orang lain, kamu juga harus peduli dengan diri Anda, tetapkan tujuan realistis, dan nikmati hubungan yang membuat kamu jauh lebih bahagia.

Editor: S. Edi Santosa

 

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post ALVA Raih ISO 9001 dan ISO 14001
Next Post Nokia Terpilih Kembangkan Jaringan Internet Balitower di Indonesia

Member Login

or