1
1

Bagaimana Pialang Dapat Selamatkan Klien di Masa Sulit?

Senior Account Underwriter Allianz UK, Brendan Husband-Whitin. | Foto: doc

Media Asuransi, GLOBAL – Kondisi pasar yang terus berubah, menuntut manajemen perusahaan asuransi untuk memiliki kreativitas dalam menudkung berbagai klien di pasar. Termasuk untuk produk Asuransi D&O yang semakin diperlukan oleh nasabah.

Hal ini dikatakan Senior Account Underwriter Allianz UK, Brendan Husband-Whiting, dikutip dari Insurance Business, Senin, 27 November 2023. “D&O adalah produk yang terus berkembang karena apa yang Anda cakup adalah ancaman terhadap direktur dan perusahaan, yang sebagian besar berasal dari sudut pandang legislatif atau peraturan,” katanya.

Ketika memulai kariernya di Allianz, Husband-Whiting berkesempatan untuk berurusan dengan sekitar selusin produk asuransi yang berbeda. Namun D&O segera menarik perhatiannya sebagai sesuatu yang sama sekali berbeda.

|Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Menekuni Profesi di Pialang Asuransi

Menurutnya, produk ini sangat dinamis. Selalu ada hal baru yang terjadi, yang berarti Anda harus selalu mengevaluasi eksposur nyata yang dihadapi klien Anda dan bagaimana mendukung mereka dalam menavigasi lanskap ancaman yang terus berubah.

Menelaah apa yang terjadi di pasar D&O, ia menyoroti lanskap yang kompetitif dan menantang dari sektor lini keuangan yang lebih luas. Ini adalah salah satu yang telah mengalami banyak perubahan selama dan pasca-Covid. Dia tambahkan, bagi mereka yang bekerja di pasar D&O saat ini, fokusnya adalah menyeimbangkan tantangan saat ini dengan ancaman yang muncul

“Misalnya, hal-hal seperti perubahan iklim tidak akan menjadi berita baru bagi siapa pun dan akan terus menjadi topik pembicaraan hingga kerangka kerja peraturan dan undang-undang yang tegas diberlakukan. Jadi, hal itu selalu ada di depan mata. Namun, ada juga topik seperti cladding pasca-Grenfell yang menjadi waktu yang menarik bagi pasar D&O dan PI,” katanya.

Salah satu topik yang sedang berlangsung bagi perseroan saat ini adalah krisis biaya hidup dan penurunan ekonomi. Hal ini mempengaruhi D&O karena Husband tahu dari pengalamannya selama bertahun-tahun melakukan underwriting D&O bahwa ada korelasi langsung antara kinerja keuangan perusahaan dan kinerjanya dari sudut pandang risiko.

“Itu adalah sesuatu yang selalu kami waspadai, namun hal ini tidak selalu dapat dihindari. Anda hanya perlu melakukan pendekatan underwriting yang tepat dan memastikan Anda terus mengawasinya,” tuturnya.

Dia jelaskan, tantangan yang dihadapi para pialang adalah bagaimana cara terbaik untuk menavigasi lingkungan risiko yang kompleks dan cepat berubah ini atas nama klien mereka. Allianz UK melihat hal ini sebagai tanggung jawabnya untuk membantu mereka menghadapi tantangan tersebut secara langsung.

|Baca juga: Lima CEO Pialang Asuransi Berpendapatan Terbesar di Dunia, Siapa Saja Mereka?

Broker mulai dari sarapan pagi, makan siang dan belajar, presentasi virtual, kunjungan ke kantor, hari pelatihan, hingga webinar, merupakan daftar layanan yang tersedia untuk mendukung broker tidak terbatas. “Ini adalah pekerjaan yang berkelanjutan bagi kami. Tidak akan pernah ada hari kami duduk santai dan berkata, ‘pekerjaan kami sudah selesai, pasar sudah teredukasi,” jelasnya.

Tim pemasaran Allianz UK baru-baru ini mengadakan webinar yang dihadiri oleh hampir 500 broker. Webinar yang membahas dampak tantangan ekonomi saat ini dan bagaimana hal tersebut memengaruhi D&O serta klien yang tidak memiliki asuransi D&O.

Menurutnya sangat penting untuk memenuhi permintaan para broker mendapatkan edukasi yang lebih banyak dan lebih baik mengenai D&O, terutama karena penyerapan cakupan yang kritis masih terlalu rendah. Dari pembicaraan dengan para broker, diketahui bahwa para nasabah seringkali tidak memahami eksposur mereka dan manfaat yang didapat dengan memiliki polis D&O. “Oleh karena itu, edukasi ini sangat penting untuk mengurangi kesenjangan perlindungan tersebut dan membangun pasar D&O yang lebih sehat dan berkelanjutan,” katanya.

Meskipun para broker selalu bereaksi positif terhadap layanan dukungan yang ditawarkan, keterlibatan mereka telah meningkat dalam satu tahun terakhir menjadi 18 bulan. Faktor-faktor sosial-ekonomi yang menekan kemungkinan besar berperan dalam hal ini, dengan bisnis, khususnya UKM, menjadi lebih terbuka.

Para pialang secara alami menanyakan produk asuransi apa lagi yang mungkin diperlukan untuk memastikan klien mereka terlindungi dengan baik dalam kondisi pasar seperti ini. D&O tentu saja merupakan salah satu yang saya tempatkan dalam kelompok tersebut.

Husband-Whiting juga mengatakan bahwa, langkah selanjutnya adalah terus melakukan apa yang dilakukan karena ini berhasil. Pihaknya sedang membangun beberapa hubungan broker yang kuat.

Editor: S. Edi Santosa

 

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post OJK Luncurkan Roadmap Perbankan Syariah 2023-2027
Next Post 4 Saham Pilihan Menu Trading Hari Ini 28 November 2023

Member Login

or