Media Asuransi, GLOBAL – Asuransi tertanam (embedded insurance) dengan cepat muncul sebagai model distribusi yang paling menjanjikan untuk lini pribadi, melampaui saluran tradisional.
Dengan mengintegrasikan cakupan secara mulus di titik penjualan, hal itu meningkatkan kenyamanan pelanggan dan meningkatkan rasio konversi.
Menurut jajak pendapat terbaru oleh GlobalData, seiring berkembangnya ekosistem digital, perusahaan asuransi yang menerapkan strategi tertanam akan memperoleh keunggulan kompetitif dalam menjangkau segmen konsumen yang sebelumnya belum dimanfaatkan dan sadar waktu.
Jajak pendapat yang dilakukan oleh GlobalData di situs Verdict Media pada Q1 2025 mengumpulkan lebih dari 170 tanggapan dari orang dalam industri. Proporsi responden terbesar (31,6%) percaya bahwa asuransi tertanam adalah saluran yang siap untuk pertumbuhan terkuat dalam distribusi asuransi lini pribadi.
|Baca juga: Mengenal Manfaat Embedded Insurance di E-commerce
Proporsi responden yang bertaruh untuk saluran ini secara signifikan lebih tinggi daripada model langsung ke konsumen (18,4%) atau jaringan pialang tradisional (17,2%), pilihan paling menonjol lainnya.
Beatriz Benito, Analis Asuransi Utama, GlobalData, mengatakan keunggulan kompetitif utama dari asuransi terpadu adalah polis ditawarkan tepat pada saat dan di tempat yang paling relevan bagi nasabah, sehingga meningkatkan kemungkinan pembelian.
“Asuransi terpadu melibatkan pengintegrasian polis di titik penjualan dengan produk atau layanan inti yang ditawarkan oleh bisnis nonasuransi, dan sifat luas perusahaan yang dapat menjual asuransi memperbesar peluang pertumbuhan,” jelasnya dalam riset dikutip, Minggu, 27 April 2025.
|Baca juga: Memanfaatkan Potensi dari Pasar Embedded Insurance
Misalnya, sambung dia, asuransi perjalanan dapat ditawarkan selama pemesanan tiket pesawat, asuransi kendaraan bermotor saat menjual mobil, atau asuransi gawai dengan barang elektronik. Faktanya, model ini memungkinkan perusahaan asuransi untuk menjangkau nasabah yang sebelumnya tidak ingin mengambil polis.
Dari sudut pandang nasabah, asuransi terpadu menawarkan kemudahan dan penghematan waktu, sehingga mereka dapat mengambil polis asuransi di saat yang sama saat membeli barang lain atau mengatur layanan. Selain itu, polis juga dapat diberi harga yang lebih menguntungkan, karena penyertaan menghilangkan biaya pemasaran.
Benito melanjutkan meskipun konsep asuransi tertanam bukanlah hal baru, inovasi digital dan ekspektasi konsumen yang terus berkembang telah mengungkapnya. “Platform digital semakin penting dalam model asuransi tertanam karena konsumen terus beralih dari toko fisik ke pembelian daring, semakin mengharapkan pengalaman yang lancar di berbagai industri.”
Meskipun lanskap distribusi asuransi menjadi lebih beragam dan digerakkan secara digital, perusahaan asuransi harus memastikan kehadiran di semua saluran distribusi untuk memenuhi preferensi atau kebutuhan masing-masing pelanggan.
Benito menyimpulkan perusahaan asuransi yang berhasil menavigasi lanskap distribusi yang terus berkembang ini pada saat preferensi konsumen berubah akan berada pada posisi terbaik untuk meraih kesuksesan. “Ini akan melibatkan penyesuaian strategi distribusi mereka dan merangkul inovasi digital untuk memastikan mereka tetap relevan.”
Editor: Achmad Aris
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

