Media Asuransi, JAKARTA – HSBC berhasil mengintegrasikan solusi pembayaran terdepannya, HSBC Omni Collect, dengan solusi pembayaran premi asuransi yang memungkinkan Allianz Life Indonesia untuk memperluas kanal koleksi pembayaran premi bagi nasabahnya.
Integrasi solusi pembayaran ini menggunakan teknologi dari pemimpin payment gateway lokal, DOKU, mengotomasi proses koleksi premi Allianz Life Indonesia dan memungkinkan nasabah untuk melakukan pembayaran premi asuransi, yang meliputi pembayaran premi pertama, reguler, pengaktifan kembali serta top-up di lebih dari 17.000 outlet Alfamart, Alfamidi, Lawson, serta Dan+Dan di seluruh Indonesia, sehingga dapat meningkatkan pengalaman pelanggan perusahaan asuransi multinasional ini.
Business Director Allianz Life Indonesia, Bianto Surodjo, mengatakan bahwa Allianz selalu berkomitmen untuk memberikan pengalaman terbaik bagi nasabah, termasuk dalam layanan pembayaran premi, yang sangat penting guna memastikan polis asuransi mereka selalu aktif.
|Baca juga: Allianz Indonesia dan Bank Mestika Sediakan Perlindungan Maksimal untuk Nasabah Debitur Pembiayaan KMG
“Melalui kolaborasi ini, Allianz dapat memberikan opsi yang lebih mudah dan nyaman untuk layanan pembayaran premi bagi nasabah kami di seluruh Indonesia. Ini adalah bagian dari streamlining dan digitalisasi proses yang terus menerus Allianz lakukan sehingga nasabah akan memiliki pengalaman yang sangat positif bersama Allianz,” ungkap Bianto dalam keterangan resminya, Jumat, 4 Februari 2022.
Menurutnya, HSBC Omni Collect memungkinkan perusahaan untuk melihat secara menyeluruh koleksi pembayaran dari berbagai metode antara lain transfer bank, kartu kredit dan transaksi e-wallet. Solusi ini juga akan mengurangi administrasi manual, meningkatkan working capital bagi pelanggan korporasi, serta meningkatkan kualitas layanan pelanggan mereka.
Managing Director Global Banking, PT Bank HSBC Indonesia, Riko Tasmaya, mengatakan bahwa HSBC berkomitmen untuk berinvestasi dalam teknologi yang dapat membantu perusahaan dalam memberikan pengalaman pembayaran yang mudah bagi pelanggan mereka. Sebagai bank internasional pertama yang memberikan solusi koleksi pembayaran ini di Asia, HSBC tetap berfokus untuk mendukung nasabah kami untuk mengadopsi solusi pembayaran digital.
“HSBC Omni Collect saat ini tersedia di sepuluh negara di Asia Pasifik, antara lain Australia, China, Hong Kong, India, Indonesia, Jepang, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam, masing-masing negara memiliki kemampuan yang berbeda,” paparnya.
|Baca juga: Allianz Life Perkuat Sistem Digitalisasi Hadapi Era Normal Baru
Head of Global Liquidity Cash Management, PT Bank HSBC Indonesia, Herani Hermawan, menambahkan bahwa di Indonesia, pihaknya sangat menyambut baik kemitraan dengan DOKU untuk memperkuat proses koleksi pembayaran digital di Allianz. “Jaringan Alfa Group yang melayani lebih dari tiga juta konsumen per hari, memungkinkan Allianz untuk menyesuaikan layanan pembayaran premi dengan pola belanja pelanggan mereka, dan memberikan fleksibilitas dan kemudahan dalam pembayaran premi asuransi,” katanya.
Co-Founder and Chief Operating Officer DOKU, Nabilah Alsagoff, menambahkan bahwa sebagai perusahaan teknologi pembayaran, misinya adalah untuk selalu memperluas akses bagi konsumen di Indonesia dalam melakukan transaksi pembayaran online. “Kolaborasi kami dengan HSBC yang memungkinkan pembayaran premi di jaringan Alfa Group di seluruh Indonesia tentunya akan dapat meningkatkan kenyamanan layanan pembayaran bagi pelanggan Allianz di Indonesia, terutama mereka yang tinggal di pinggiran kota,” ungkapnya.
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News